Pascapandemi Covid-19, Bioskop di Daerah Menunggu Sinyal dari Jakarta

Pascapandemi Covid-19, Bioskop di Daerah Menunggu Sinyal dari Jakarta
Aktor Reza Rahadian (depan kedua dari kanan) hadir bioskop Mall Bintaro XChange dengan membagikan bunga, Minggu, 23 Februari 2020. (Foto: istimewa)
Dina Fitri Anisa / EAS Minggu, 21 Juni 2020 | 22:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) sekaligus pemilik bioskop independen di luar Jakarta, Djonny Syafrudin, mengatakan kepada Beritasatu.com, Minggu (21/6/2020), pascapandemi Covid-19, bioskop-bioskop yang ada di daerah baru akan dibuka bila Jakarta telah memulainya. Dengan kata lain, bioskop di daerah menunggu sinyal dari Jakarta, untuk beroperasi kembali. 

Sementara di sisi lain, pelaku usaha juga masih menunggu momen yang tepat agar tidak merugikan masing-masing pihak.

"Artinya kalau Jakarta belum buka, daerah lain juga tidak akan buka. Kenapa? Karena film itu ada di Jakarta. Padahal menurut para produser kita sudah memiliki 28 judul film nasional yang tertunda dan itu film bagus-bagus. Saat ini, mereka nggak berani meminta tanggal main. Takut jeblok juga. Harus melihat kepentingan masing-masing," tambah Djonny.

Lain hal yang diungkap oleh Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) sekaligus pemilik rumah produksi Starvision, Chand Parwez, mengatakan akan mengajak para sineas terutama produser untuk menyajikan film-film terbaik setelah bioskop kembali dibuka. Tujuannya, agar masyarakat bergairah untuk kembali ke bioskop.

"Momen ini akan jadi sesuatu yang baru. Bioskop adalah tempat yang dirindukan pada saat kita kembali menjalani new normal. Menikmati film itu paling enak memang di bioskop, karena bisa merasakan kebersamaan sebagai makhluk sosial, pengalaman, dan keseruan jadi satu. Ini yang membuat bioskop bukan hanya bangunan semata tetapi home,” jelas Chand Parwez.

Sementara untuk buka kembali, rencananya Juli 2020 bioskop beroperasi dengan menayangkan film-film yang sempat tertunda. Nantinya, jika bioskop kembali dibuka, akan diterapkan protokol kesehatan untuk petugas dan pengunjung. 



Sumber: BeritaSatu.com