Indiskop Film Festival

Bangun Optimisme dan Kreativitas Kala Pandemi

Bangun Optimisme dan Kreativitas Kala Pandemi
Marcella Zalianty, penggagas Indiskop Film Festival 2020, saat jumpa pers daring, Rabu 24 Juni 2020. (Foto: Dina Fitri Anisa / isimewa)
Dina Fitri Anisa / EAS Rabu, 24 Juni 2020 | 20:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi Covid-19 membuat industri perfilman dunia melemah. Pun demikian, optimisme Indiskop dalam membangun kreativitas dan produktivitas generasi muda tidak lantas luntur.

Terbukti, di tengah pandemi Indiskop Film Festival 2020 tetap hadir secara daring (online) mulai 26 Juni hingga 31 Agustus 2020. Tema yang diangkat kali ini adalah “Indonesia Bangkit-dari Rumah untuk Indonesia”.

Penggagas Indiskop Film Festival 2020, Marcella Zalianty, dalam jumpa pers daring, Rabu (24/6/2020), mengatakan tujuan besar festival film ini adalah mengajak masyarakat terus belajar, berkarya, bersatu, dan bergotong royong menuju kenormalan baru melalui media film.

"Film tidak hanya sebagai medium hiburan saja, tetapi sebagai medium literasi bagaimana kita juga mengapresiasi perfilman Indonesia. Kita tetap membangun semangat optimisme bersama sebagai kekuatan yang tetap ada pada diri kita masing-masing untuk menghadapi pandemi ini,” tutur Marcella.

Meski hadir di tengah segala keterbatasan fisik untuk berkumpul bersama, festival film daring ini nantinya akan diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari kelas film bersama sineas kenamaan Indonesia, hingga kompetisi film pendek.

Kelas film berbayar bertajuk Indisclass akan membahas dunia perfilman Indonesia seperti penulisan naskah, penyutradaraan, akting, hingga bisnis film. Sejumlah sineas yang berpartisipasi sebagai mentor antara lain Garin Nugroho, Ifa Isfansyah, Angga Sasongko, Reza Rahardian, dan Chelsea Islan.

Ada pula sesi dialog santai antara dua pembicara yang kompeten di bidangnya bertajuk Indistalk, yang akan disiarkan gratis di Instagram dan YouTube Live Indiskop setiap Senin pukul 16.00 WIB.

Ada juga Indisscreening yang menyajikan 100% film Indonesia melalui kanal aplikasi Indiskop, menghadirkan penayangan film yang terkurasi secara online melalui platform digital.

Terakhir, ada kompetensi film pendek yang mengusung tema “Dari Rumah untuk Indonesia”, mengangkat kisah-kisah kreatif, menarik, dan inspiratif dengan durasi 5-20 menit.

Nantinya Melalui kompetisi akan dipilih 3 pemenang , meliputi Film Terbaik, Pemain Terbaik, Film Pilihan Penonton. Film pendek tersebut akan dimuat dalam platform aplikasi Indiskop.

“Kami akan beri ruang penayangan bagi pemenang di aplikasi ini. Pasti akan dipublikasikan. Kami akan beri rekomendasi untuk bisa terlibat di industri perfilman Indonesia kita,” kata Marcella.



Sumber: BeritaSatu.com