Konser Drive-in, Alternatif Baru Menikmati Pertunjukan Musik

Konser Drive-in, Alternatif Baru Menikmati Pertunjukan Musik
Komposer asal Jerman Mick Baumeister tampil dalam konser tanpa penonton yang disiarkan langsung di Denpasar, Bali, belum lama ini. (Foto: Antara Foto / Antara Foto)
Dina Fitri Anisa / EAS Jumat, 3 Juli 2020 | 22:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dampak dari pandemi Covid-19 tak terbendung dan berbuntut panjang. Dalam industri musik tercatat ada lebih dari 100 acara terpaksa ditunda. Namun demi membangkitkan semangat para musisi dan pekerja seni musik di era normal baru, ke depannya konser digelar virtual dengan konsep drive-in.

Berdasarkan data Koalisi Seni Indonesia (KSI) per 21 April 2020, terdapat 113 konser, tur, dan festival musik yang tertunda karena pandemi. Pengamat musik, Bens Leo kepada Suara Pembaruan, Kamis (2/7/2020) mengatakan, salah satu adaptasi yang dilakukan musisi dengan menggelar konser musik secara virtual guna menghindari kerumunan, sudah benar.

Konser musik virtual ini mulanya dilakukan tanpa mengambil keuntungan sendiri. Konser kerap dilakukan sekaligus untuk mengumpulkan donasi dalam membantu tenaga medis hingga kru dan penyelenggara konser yang kehilangan pendapatan semasa pandemi.

"Konser daring adalah salah satu solusi di tengah pandemi. Terbukti konser 7 Ruang dan konser Vina Panduwinata berhasil mengumpulkan donasi sampai lebih dari 120 juta rupiah,” terang Bens saat dihubungi Suara Pembaruan via telepon.

Sementara penerapan aturan konser new normal juga disambut baik event organizer Berlian Entertainment. Mereka berencana membuat Drive-In Concert setelah pelonggaran PSBB dilakukan di Jakarta.

"Kita sudah mendapat lampu hijau dari pemerintah daerah dan juga pusat (Kemparekraf). Waktu tepatnya kapan akan segera kita umumkan,” kata Public Relation Berlian Entertainment, Dino Hamid, dalam jumpa pers daring, Kamis (2/7/2020).

Drive-in konser menjadi salah satu alternatif hiburan di tengah pandemi. Dino mengatakan, konsep ini terinspirasi dari Drive-in Theater yang sempat ada di Ancol pada era 80-an.

Penonton pun tak perlu ragu, Dino menyakinkan bahwa konser ini nantinya memiliki risiko yang rendah terhadap penularan Covid-19, karena akan digelar dengan pedoman kesehatan sesuai anjuran pemerintah, dan dipantau dengan ketat.

"Prinsipnya harus mengikuti safety protocol di era new normal saat ini. Secara pelaksanaan, tiga hal utama protokol harus dipersiapkan, yaitu jaga jarak, memakai alat pengaman seperti masker dan cairan cuci tangan, serta tubuh dalam keadaan sehat baik pekerja dan penonton,” papar Dino.

Dalam pernyataan resminya, Dino mengatakan, konser tersebut akan digelar masing-masing mobil menggunakan frekuensi radio. Dia pun yakin dengan sukses konser tersebut.

"Saat kita umumkan Drive-In Konser, kami mendapat sambutan yang luar biasa,” ujar dia.

Sampai saat ini, Dino belum mematok kapan tanggal pasti konser dilakukan.Satu hal yang pasti, konser bakal dimeriahkan sejumlah musisi Indonesia, salah satunya Kahitna.



Sumber: BeritaSatu.com