Tom Hanks dan Istri Jadi Warga Negara Yunani

Tom Hanks dan Istri Jadi Warga Negara Yunani
Tom Hanks (Foto: Istimewa / Istimewa)
Heru Andriyanto / HA Selasa, 28 Juli 2020 | 05:43 WIB

Beritasatu.com – Bintang film Amerika Serikat Tom Hanks dan istrinya Rita Wilson telah resmi menjadi warga negara Yunani, menurut pengumuman Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis, Senin (27/7/2020) waktu setempat.

Hanks dan Wilson "sekarang sudah menjadi warga negara Yunani dan mereka bangga", tulis perdana menteri di akun Instagram. Unggahan itu disertai foto dia, istri dan pasangan Hollywood tersebut.

Menurut media Yunani, foto itu diambil di Pulau Paros, Laut Aegean.

Hanks, Wilson dan anak-anak mereka dianugerahi warga negara kehormatan Yunani tahun lalu karena jasa pasangan itu dalam menyiarkan kebakaran meluas di dekat Athena pada Juli 2018.

Kebakaran itu menghanguskan Desa Mati, dan menewaskan lebih dari 100 orang.

Dalam sebuah wawancara, Menteri Dalam Negeri Yunani Takis Theodorikakos mengatakan Hanks menunjukkan kepedulian yang nyata terhadap warga yang menjadi korban kebakaran dan mengangkat isu ini di media seluruh dunia.

Mantan presiden Yunani Prokopis Pavlopoulos kemudian menganugerahkan kewarganegaraan lewat jalur naturalisasi kepada Hanks dan keluarganya atas “jasa-jasa yang luar biasa kepada Yunani”.

"Mulai 2020 saya mulai jadi warga negara kehormatan di seluruh penjuru Yunani!" tulis Hanks di Twitter Januari lalu.

Hanks, 64, penganut Gereja Ortodok Yunani, dan Wilson, 63, yang punya darah Yunani, secara terbuka sering mengungkapkan cinta mereka pada negara itu.

Mereka sangat sering berkunjung ke Yunani termasuk selama liburan musim panas. Kabarnya, pasangan itu punya properti berupa rumah di Pulau Antiparos.

Mereka ikut memproduksi film komedi romantis berjudul “My Big Fat Greek Wedding”.

"Yunani adalah surga. Saya sudah keliling dunia, pergi ke tempat paling indah di dunia, dan tidak ada satu pun yang bisa menandingi Yunani. Tanah, langit dan airnya sangat bagus untuk jiwa dan tempat ini menyembuhkan," kata Hanks dalam pidato di sela ajang Golden Globes awal tahun ini.



Sumber: BBC