Logo BeritaSatu

Menkominfo Beri Apresiasi Lomba Kreativitas Kolintang Nasional

Minggu, 30 Agustus 2020 | 22:51 WIB
Oleh : Willy Masaharu / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johny G Plate mengapresiasi kepada Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan) Indonesia, praktisi seni budaya Indonesia, yang menyelenggarakan kreativitas Kolintang Virtual Perdana Nasional 2020.

Apresiasi Menkominfo tersebut disampaikan saat menutup Lomba Kreatifitas Kolintang Virtual Perdana Nasional 2020 memperebutkan piala Menkominfo di Hotel Aston, Jl Radio Dalam, Jakarta Selatan, Sabtu (29/8/2020).

Dalam keterangan yang diterima Minggu (30/8/2020), lomba Kreativitas Kolintang Virtual 2020 Piala Menkominfo, terangkai dengan giat di gunung Klabat dan Danau Tondano pada 17 Agustus 2020, dengan kolintang mengiringi lagu Kebangsaan pada detik detik Proklamasi di puncak gunung Klabat oleh Sanggar Fantastic Primavista Lembean Minahasa Utara Sulawesi Utara, dan dipanggung apung rakyat didanau Tondano oleh Sanggar Seni Budaya dan Bahasa Benteng Moraya.

Pada kesempatan itu, Menteri Johny mengingatkan kepada semua peserta yang mengikuti lomba melalui virtual tersebut untuk tetap kedepankan protocol Kesehatan dalam berbagai kegiatan.

Didampingi Ketua Umum Pinkan Indonesia, Penny Iriana Marsetio dan Dirjen Aptika Kemkominfo ikut menyaksikan penyerahan Piala Bergilir Menkominfo kepada Juara I melalui Virtual. Yang diserahkan langsung oleh Menteri Johny G Plate.

Ketua Dewan Pembina Pinkan Indonesia, Laksamana (P) Marsetio menyampaikan terima kasih atas dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada Pelestarian dan Pengembangan seni budaya, khususnya Kolintang, serta pentingnya besinergi satu dengan yang lain, dalam proses Penominasian ke UNESCO.

Dalam rangka HUT ke-75 Tahun Indonesia, Pinkan Indonesia berinisiatif agar ada ruang untuk praktisi kolintang mengekspresikan kreativitas mereka.

Hal ini disambut oleh Purnomo Yusgiantoro Center, melalui Filda Yusgiantoro, kemudian KKK, baik Ronny Sompie dan Angelica Tengker, yang kemudian didukung pemerintah daerah Provinsi Sulawesi Utara, gayung bersambut dengan program bapak Menteri Komunikasi dan Informatika dalam hal praktisi seni tetap berkreasi di masa pandemik.

Lomba Kreativitas Kolintang Virtual 2020 Piala Menkominfo, terangkai dengan giat di gunung Klabat dan Danau Tondano pada tanggal 17 Agustus 2020, dengan kolintang mengiringi lagu Kebangsaan pada detik detik Proklamasi di puncak gunung Klabat oleh Sanggar Fantastic Primavista Lembean Minahasa Utara Sulawesi Utara, dan dipanggung apung rakyat didanau Tondano oleh Sanggar Seni Budaya dan Bahasa Benteng Moraya.

Serta permainan kolintang bersama secara Virtual 45 pemain kolintang oleh Tim dari Ferdinand Soputan pada 17 Agustus 2020.

Rangkaian kegiatan LKKV piala Menkominfo 2020 berlangsung dengan baik dan diakhiri dengan Grand Final Lomba Kreativitas Kolintang Virtual, yang disiarkan secara langsung dari studio mini di Hotel Aston, Jl Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Dengan penilaian dilakukan oleh 3 panelis, bpk Dirjen Aptika Kemkominfo, Semuel A Pengerapan dan Henri Subiakto, Staff Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan Media Massa serta Berty Rarun.

Kepada 9 finalis, yang menyisihkan peserta lainnya. Hasil lomba adalah kategori penyanyi terbaik diraih Sheren Wullur dari Jawa Barat. Kemudian Kategori Lagu Karya Cipta Tema Pandemi, PSBB, New Normal. Covid 19 diraih Charles Audy Doodoh, Jawa Barat.

Kemudian Pelatih teraktif yaitu Boy Makalew (Jawa Barat), Stave Tuwaidan (Sulawesi Utara), dan Robert Languju (Sulawesi Utara).
Juara Kategori Milenial adalah tim Purple, DKI Jakarta dan Juara Kategori Original adalah Klabat, Jawa Barat.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden juga menjamin bahwa Amerika tidak akan pernah mengakui wilayah pencaplokan di Ukraina sebagai bagian dari Rusia.

NEWS | 1 Oktober 2022

Resolusi PBB Bela Ukraina Langsung Diveto Rusia

Meskipun hanya Rusia yang menentang, tetapi dia adalah satu dari lima anggota tetap Dewan Keamanan yang punya hak veto.

NEWS | 1 Oktober 2022

Zelensky Minta Jalur Prioritas Jadi Anggota NATO

Jika Ukraina menjadi anggota NATO, maka negara-negara Barat termasuk Amerika Serikat bisa membelanya dalam perang melawan Rusia saat ini.

NEWS | 1 Oktober 2022

Poin-poin Pidato Putin Soal Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Dalam pidatonya Putin menegaskan bahwa pencaplokan itu sudah permanen dan tidak bisa dinegosiasikan.

NEWS | 1 Oktober 2022

PKB dan Gerindra Tunggu Hari Baik Umumkan Capres-Cawapres

PKB dan Gerindra tinggal menunggu hari baik untuk mengumumkan capres dan cawapres yang akan mereka usung di Pilpres 2024.

NEWS | 1 Oktober 2022

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Salurkan Paket Sembako

Sahabat Ganjar, relawan Ganjar Pranowo, menggelar Jumat Berkah dengan menyalurkan bantuan di Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Soppeng.

NEWS | 1 Oktober 2022

Ketua MA Sebut Kasus Hakim Sudrajad Dimyati Momentum Perbaiki Kinerja Peradilan

Ketua Mahkamah Agung (MA), M Syarifuddin menyatakan kasus Sudrajad Dimyati yang dijerat KPK menjadi momentum untuk memperbaiki kinerja peradilan.

NEWS | 30 September 2022

Alasan Bawaslu Hentikan Laporan Dugaan Pelanggaran Kampanye Anies Baswedan

Anggota Bawaslu Puadi mengungkapkan alasan pihaknya menghentikan laporan dugaan pelanggaran kampanye Anies Baswedan terkait tabloid KBA Newspaper.

NEWS | 30 September 2022

KPK Ungkap Ada Pihak yang Bangun Opini agar Lukas Enembe Hindari Pemeriksaan

KPK mengungkapkan adanya pihak yang membangun opini agar Gubernur Papua, Lukas Enembe menghindari pemeriksaan sebagai tersangka. 

NEWS | 30 September 2022

Fadel Muhammad Akhirnya Laporkan La Nyalla ke Badan Kehormatan DPD

Wakil Ketua MPR dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fadel Muhammad akhirnya melaporkan Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalliti ke BK DPD.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

Biden: Amerika Tak Bakal Takut Ocehan Putin

NEWS | 1 jam yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings