Logo BeritaSatu

Film Animasi Soul, Mengingatkan Kita untuk Menikmati Hidup

Sabtu, 26 Desember 2020 | 09:25 WIB
Oleh : LES

Jakarta, Beritasatu.com - Soul merupakan film animasi panjang terbaru dari studio Pixar, yang berfokus pada Joe Gardner (Jamie Foxx), seorang guru musik sekolah menengah, bermimpi menampilkan musik jazz di atas panggung tetapi merasa bosan dan tidak puas dengan pekerjaannya saat ini.

Joe kemudian ditawari posisi penuh waktu di sekolah, yang ibunya, Libba (Phylicia Rashad), ingin Joe menerima penawaran itu karena Libba berpikir pekerjaan tersebut akan membuat putranya aman secara finansial.

Advertisement

Secara kebetulan, teman dan mantan muridnya Curly (Questlove) mengungkapkan bahwa musikus jazz terkenal Dorothea Williams (Angela Bassett) mengadakan audisi terbuka untuk pemain piano di Half Note Club.

Joe mengikuti audisi tersebut dan berhasil mengesankan Dorothea, yang menawarinya pekerjaan saat itu juga.

Saat Joe dengan senang hati bersiap untuk penampilan pertamanya, dia tak sengaja jatuh ke dalam sebuah lubang.

Joe menemukan dirinya sebagai jiwa yang menuju ke Great Beyond. Karena tidak ingin mati, dia mencoba melarikan diri tetapi malah menemukan dirinya di Great Before di mana konselor jiwa, yang semuanya bernama Jerry, mengatur dan mempersiapkan jiwa-jiwa muda untuk hidup di Bumi.

Di sana, ia ditugaskan menjadi mentor untuk sebuah jiwa muda bernama 22, yang tidak berminat untuk menjalani kehidupan di dunia. Tidak seperti Joe yang baru saja akan memulai petualangannya, 22 mengaku tak bisa ke Bumi karena tidak lulus dalam pencarian "spark" -- sebuah percikan atau semangat hidup.

Joe mencoba mendapatkan 22 menemukan sesuatu yang menarik, tetapi tidak berhasil. Dengan berbagai cara untuk mencarikan 22 spark dan jalan Joe untuk kembali hidup, akhirnya mereka berhasil turun ke Bumi, namun dengan jiwa yang tertukar.

22 yang semula tak ingin merasakan kehidupan di dunia mau tak mau secara tidak sengaja berada di tubuh Joe. Sementara, jiwa Joe berada di tubuh seekor kucing.

Dalam satu hari, mereka harus memutar otak agar tujuan keduanya bisa tercapai. Di perjalanannya, banyak cerita dan momen yang terbuat di sebuah sudut kecil nan ramai di New York.

Disutradarai oleh Pete Docter (Up, Inside Out) dan ditulis oleh Docter, Kemp Powers dan produser Mike Jones, Soul rasanya lebih besar dari sekadar film yang ditonton di musim liburan.

Berbeda dengan film Pixar lainnya, Coco, Soul memiliki sentuhan khasnya sendiri. Film ini mengajak penontonnya untuk berpikir ulang, sekaligus mampu menyentuh perasaan lewat serangkaian dialog cepat dengan alur yang terus maju.

Dinamika di antara dua tokoh utamanya pun menyenangkan untuk disaksikan, lantaran keduanya memiliki karakter yang sama-sama kuat.

Terdapat sebuah adegan yang menunjukkan kolase kehidupan setiap orang. Kehidupan Joe -- dinilai 22 merupakan kehidupan yang biasa saja dan cenderung suram.

Joe mungkin telah kehilangan nyawanya, tetapi dia belum siap untuk membiarkan takdir menentukan keputusannya. Di sinilah ia berperan untuk menunjukkan kepada 22 dan dirinya, bahwa hidup layak untuk diperjuangkan karena ia memiliki api semangat dan cinta untuk banyak hal.

Sementara 22, yang belum bisa menemukan alasannya untuk hidup di dunia, akhirnya dipaksa untuk mencicipi kehidupan melalui tubuh Joe. 22 juga bisa mengakses banyak informasi terkait memori dari guru musik ini.

Ketika mereka berpetualang bersama, rupanya banyak momen yang ternyata baru bagi kedua tokoh tersebut, tak terkecuali Joe, yang sudah bertahun-tahun hidup sebagai manusia. Bagaimana ia kemudian bisa jujur kepada orang-orang terdekatnya, hingga dirinya sendiri.

Visual dan animasi yang sangat cantik dan impresif dari Pixar, semakin melengkapi cerita dengan baik. Pixar, yang identik dengan animasi bergaya 3D, kali ini memadukan banyak teknik untuk menggambarkan cerita Soul.

Musik Jazz
Tak hanya visualnya yang cantik, Soul, yang berfokus pada budaya orang kulit hitam dan kedekatannya dengan jazz, memiliki deretan soundtrack dan scoring yang sama indahnya.

Trent Reznor and Atticus Ross adalah komposer untuk scoring di film ini, sementara Jon Batiste berperan sebagai penulis dan komposer untuk musik jazz yang ditampilkan di film. Ketiganya berhasil menyatukan musik sebagai elemen penting cerita.

Pada saat yang sama, Soul juga menemukan cara untuk menyematkan musik ke dalam warna baru di sebuah bentuk film animasi khas Pixar.

Musik jazz dalam film tak hanya berperan sebagai hiasan pada cerita atau peningkatan emosional, tetapi juga merupakan bagian penting dari narasi.

Bakat Joe untuk improvisasi, dan untuk mendengarkan orang lain melalui jazz, adalah kunci untuk perkembangannya sebagai karakter dan dasar dari apa yang berhasil dia ajarkan.

Soul mulanya ditayangkan perdana di London Film Festival pada 11 Oktober 2020 dan dimaksudkan sebagai rilis teater, akhirnya harus digeser ke bentuk digital karena pandemi Covid-19. Anda dapat menyaksikan film animasi ini di Disney+ Hotstar.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Percintaan Menjadi Motif Pelaku Mutilasi di Bekasi

Mutilasi di Bekasi. Latar belakang percintaan menjadi motif tersangka M Ecky membunuh disertai mutilasi terhadap korban Angela Hindriati.

NEWS | 6 Februari 2023

Waspada, Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Anak Kembali Ditemukan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapatkan laporan kasus baru gangguan ginjal akut progresif atipikal (GGAPA),

NEWS | 6 Februari 2023

Pendapatan Pengemis Saat Cap Go Meh Lebih Kecil dari Imlek

Pengemis di Tangerang mengaku pendapatannya saat Cap Go Meh lebih sedikit dibanding tahun baru Imlek 2 minggu lalu.

NEWS | 6 Februari 2023

SA Tengah Asyik dengan Wanita Bugil di Mobil Dinas DPRD Jambi Saat Kepergok Warga

SA remaja (17) pengemudi kendaraan dinas bersama wanita bugil mengaku panik dikejar oleh warga saat kedapatan tengah asyik memadu cinta di dalam sedan Camry.

NEWS | 6 Februari 2023

Bareskrim Telusuri Dua Kasus Baru Gagal Ginjal Akut Anak di Jakarta

Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri akan menelusuri dua kasus baru gagal ginjal akut anak.

NEWS | 6 Februari 2023

Ini Awal Kasus Ferdy Sambo Terungkap ke Publik

Polri menyatakan Brigadir J tewas dalam insiden tembak-menembak dengan sesama polisi pada 8 Juli 2022. Belakangan diketahui Ferdy Sambo yang merencanakannya.

NEWS | 6 Februari 2023

Top 5 News: Ibu Muda Lecehkan Belasan Anak hingga Kasus Polisi Peras Polisi

Kasus ibu muda yang melakukan pelecehan kepada belasan anak di Jambi dan juga kasus Bripka Madih, anggota Provost Polsek Jatinegara mendapat banyak perhatian.

NEWS | 6 Februari 2023

BMKG Prakirakan Jakarta Senin Siang Cerah Berawan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di DKI Jakarta dan Kepulauan Seribu cerah berawan pada Senin (6/2/2023) siang.

NEWS | 6 Februari 2023

Pelajar Kecelakaan Pakai Mobil Dinas DPRD Jambi Mengaku Panik Dikejar Warga

SA, pelajar yang memakai kendaraan dinas ibunya yang merupakan Kasubag Aset dan Rumah Tangga DPRD Provinsi Jambi mengaku panik dikejar oleh warga.

NEWS | 6 Februari 2023

Ternak Kelinci Tawarkan Potensi Cuan Puluhan Juta Rupiah

Ternak kelinci menjadi usaha sampingan yang menguntungkan bagi Sudaryanto, warga desa Kolam Kanan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dibanderol Rp 980 Jutaan, Lexus Rilis Mobil Listrik

Dibanderol Rp 980 Jutaan, Lexus Rilis Mobil Listrik

LIFESTYLE | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE