Logo BeritaSatu

Mengenang Aktor Lawas Junaedi Salat

Rabu, 20 Januari 2021 | 20:07 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / AB

Jakarta, Beritasatu.com - Salah satu aktor Indonesia, Junaedi Salat, meninggalkan jejak tak terlupakan di dunia hiburan Indonesia. Pria yang telah mengembuskan napas terakhir pada, Senin (18/1/2021) malam dikenang dengan kepiawaiannya dalam menghidupkan karakter utama di film Ali Topan Anak Jalanan.

Bakat terpendam yang ia miliki berhasil diasahnya sejak duduk di bangku SMA. Bukan karena mengikuti ekstrakurikuler seni, bakatnya justru muncul saat bekerja mengurus sebuah gedung di pusat kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Suatu ketika, aktris Rahayu Effendi menawarinya peran utama di film Aku Tak Berdosa. Junaedi menerima tawaran itu dan ia beradu peran dengan aktris Dewi Puspa. Setelah itu, keberuntungan kembali menyapa Junaedi. Ia kembali berhasil mengambil satu peran dalam film bersama Yenny Rachman.

Lambat laun, para sutradara dan produser pun melirik bakatnya. Hingga akhirnya ia mencapai puncak karier setelah bermain dalam film Ali Topan Anak Jalanan yang meraih sukses besar. Dalam film yang disutradarai oleh Teguh Esha, ia dipasangkan denhan aktris berbakat, Yati Octavia.

Cerita film ini berdasar novel karya sang sutradara yang terinspirasi juga dari novel Anna Karenina karya sastrawan Rusia Leo Tolstoy. Film ini bercerita tentang remaja laki-laki pemberontak. Latar keluarga yang bermasalah membuat Ali Topan lebih banyak menghabiskan waktu di jalan. Suatu hari Ali mulai mengenal dekat gadis bernama Anna Karenina. Mereka pun berpacaran, meski orang tua Anna menentang hubungan mereka.

Selain berkecimpung di dunia film, Junaedi juga sempat menciptakan sejumlah karya musik. Ia ikut menciptakan lagu Sabda Alam dan Juwita bersama almarhum Yockie Suryoprayogo dan dinyanyikan oleh almarhum Chrisye.

Junaedi Salat juga pernah berduet dengan Guruh Soekarno Putra dalam lagu Dambaanku Lukisan Dewata. Kemudian, bersama Gitto Rollies lewat lagu Kupu-Kupu Malam.

Sepanjang hidupnya, musisi sekaligus aktor tersebut sukses menelurkan beberapa album musik, di antaranya Burung Camar, Joni Teler, Vonny Sumlang, album Guruh Soekarno Putra Gilang Indonesia Gemilang, dan album Chrisye Percik Pesona.

Ketua Humas Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi), Evry Joe mengatakan jejak karier Junaedi sebagai aktor utama memiliki pengaruh besar bagi budaya populer di Indonesia dari dahulu hingga kini. Menurutnya, tidak ada anak muda Indonesia, apalagi hidup di era itu yang luput dari karakter Ali Topan. Lagu yang identik dengan filmnya itu juga masih kerap diperdengarkan di kalangan milenial.

"Semoga generasi muda sekarang ini tidak melupakan apa yang telah ditorehkan oleh para senior pendahulu kita, karena kita tidak akan pernah ada tanpa mereka," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anggaran Shadow Team Bersumber dari Kemendikbudristek

Anggaran shadow team atau tim bayangan Menteri Nadiem Makarim bersumber dari anggaran Kemendikbudristek.

NEWS | 29 September 2022

Febri Diansyah Bela Sambo-Putri, ICW: Langkah yang Gegabah

ICW menyoroti langkah eks Jubir KPK Febri Diansyah yang bergabung dalam tim kuasa hukum Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

NEWS | 29 September 2022

Solusi Dua Negara Israel dan Palestina Harus Terus Disuarakan

Solusi dua negara Israel dan Palestina dengan posisi yang setara harus terus disuarakan, demi terciptanya perdamaian di kawasan Timur Tengah.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Dorong Penuntasan Tunjangan Profesi bagi 1,6 Juta Guru

PGRI mendorong pemerintah melalui Kemendikbudristek guna menuntaskan 1,6 juta guru yang belum mendapatkan tunjangan profesi.

NEWS | 29 September 2022

Satgas Berupaya Evakuasi Terduga Teroris DPO MIT Poso

Personel kepolisian berusaha mengevakuasi jasad terduga teroris Askara alias Pak Guru yang masuk daftar pencarian orang (DPO) Mujahidin Indonesia Timur.

NEWS | 29 September 2022

Ibunda Brigadir J Harap Penegak Hukum Bekerja Jujur

Ibunda Brigadir J, Rosti Simanjuntak berharap penegak hukum bekerja dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.

NEWS | 29 September 2022

Mbah Mijan Sebut Lesti Kejora dan Rizky Billar Jodoh Panjang, Warganet Bereaksi

"Lesti Kejora dan Rizky Billar berjodoh panjang, Mbah doakan yang terbaik," kata Mbah Mijan dalam akun Twitter pribadinya.

NEWS | 29 September 2022

HT Dikukuhkan Jadi Ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso

Ketua UmumPerindo Hary Tanoesoedibjo (HT) dikukuhkan sebagai ketua Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Mi dan Bakso (Apmiso) Nusantara.

NEWS | 29 September 2022

PGRI Minta UU Guru dan Dosen Dikeluarkan dari RUU Sisdiknas

PB PGRI meminta pemerintah untuk mengeluarkan Undang-Undang Guru dan Dosen dari Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).

NEWS | 29 September 2022

Pertemuan Airlangga dan Puan Akan Buka Peluang Koalisi PDIP-KIB

Pertemuan Airlangga-Puan akan membuka peluang koalisi PDIP dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

NEWS | 29 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KDRT Lesti Kejora, Kolom Komentar Instagram Rizky Billar Diserbu Netizen

KDRT Lesti Kejora, Kolom Komentar Instagram Rizky Billar Diserbu Netizen

LIFESTYLE | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings