Logo BeritaSatu

Menparekraf Ajak Promotor Bangkitkan Industri Event Selama Pandemi

Senin, 25 Januari 2021 | 19:06 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, berkoordinasi dengan Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI) untuk membahas rencana perluasan pedoman (guidelines) dalam menyelenggarakan kegiatan (event) saat pandemi. Upaya ini dilakukan untuk membangkitkan industri event yang terdampak pandemi Covid-19.

Menparekraf mengatakan bahwa pihaknya bersama dengan APMI berencana mengadakan zoom call untuk merancang perluasan pedoman pelaksanaan event dengan mengundang Mabes Polri, Satgas Covid-19, dan semua stakeholders yang terlibat dalam pelaksanaan event.

Penyelenggaraan sebuah kegiatan bukan sekadar menentukan anggaran, penyewaan tempat, pengadaan logistik, dan mengundang pembicara saja. Namun yang terpenting adalah mendapatkan perizinan dari pihak terkait, seperti Kepolisian dan Satgas Covid-19. Oleh karena itu, masukan dari Kepolisian dan Satgas Covid-19 sangat diperlukan guna memastikan penyelenggaraan acara berjalan dengan lancar.

Zoom call ini dimaksudkan untuk mendengar masukan terkait data-data Covid-19 terkini. Agar kita bisa memetakan apa saja yang perlu dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan dalam menyelenggarakan event. Output-nya berupa guideline atau pedoman yang bisa kita berikan kepada pelaku industri event,” ujar Sandiaga dalam diskusi pagi dengan APMI, di Gedung Sapta Pesona Kemparekraf, Jakarta, Senin (25/1/2021).

Selama pandemi, banyak pelaku usaha yang kehilangan mata pencahariannya. Padahal industri event merupakan salah satu industri yang memiliki potensi menyerap banyak tenaga kerja karena berkaitan dengan subsektor lain seperti fashion dan kuliner.

Oleh karena itu, inovasi dan adaptasi dengan situasi terkini serta kolaborasi dengan stakeholder terkait sangat diperlukan. Dengan demikian, industri event kembali menggeliat dan membuka lapangan pekerjaan.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Bidang Organisasi dan Keanggotaan APMI, Donny Junardy. Pada saat menjalankan sebuah event, ekosistem ekonomi lainnya bergerak, bahkan hingga seluruh kota yang menjadi tempat perhelatan. Jadi, ketika event ini tidak berjalan, ekonomi masyarakatnya pun ikut terhenti.

“Seperti saat membuat event di Yogyakarta, ekonomi masyarakat sudah mulai bergerak dari empat hari sebelum event berlangsung. Baik dari penerbangan, penyewaan mobil, hotel, katering, sampai pedagang sablon baju ikut merasakan manfaat dari penyelenggaraan event,” katanya.

Untuk itu, Donny berharap supaya rencana perluasan pedoman ini dapat menggerakkan kembali industri event di Indonesia khususnya musik.

“Karena ujung penyelenggaraan event seperti konser musik adalah perizinan kepolisian. Jadi, menjalin kolaborasi dengan pihak-pihak terkait sangat diperlukan,” kata Donny.

Sementara, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Kemparekraf, Rizki Handayani, mengimbau agar sebuah event itu bisa berjalan kembali, seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat dan disiplin.

Sebelumnya Kemparekraf juga telah membuat buku panduan atau hand book mengenai protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) pada penyelenggaraan kegiatan serta telah melakukan sosialisasi dan simulasi dari buku panduan tersebut.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Suap IMB Apartemen, Eks Wali Kota Yogyakarta Segera Diadili

Eks Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang terlibat dalam kasus dugaan suap terkait IMB apartemen Royal Kedhaton segera diadili.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ini Pernyataan Sejumlah Artis

Sejumlah artis sangat menyayangkan terjadinya tragedi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Malang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Cacar Monyet Tak Akan Hilang dalam Waktu Dekat di AS

Beberapa pejabat kesehatan AS mengakui bahwa cacar monyet mungkin tidak akan hilang dalam waktu dekat.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Tegaskan Sportivitas Harus Dijaga

Jokowi angkat bicara soal tragedi Kanjuruhan. Jokowi menegaskan, sportivitas dalam dunia olah raga harus dijaga.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ganjar: Tragedi Kanjuruhan Jadi Momentum Evaluasi Sepak Bola Nasional

Ganjar Pranowo menyampaikan duka cita yang mendalam untuk semua korban tragedi Kanjuruhan, terutama korban meninggal dunia.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Prosedur Pengamanan Tak Luput dari Perhatian Jokowi

Jokowi meminta soal evaluasi prosedur pengamanan pada penyelenggaraan sepak bola nasional, khususnya terkait tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Venezuela Bebaskan 7 Warga Amerika, Ditukar Keponakan Istri Presiden Maduro

Venezuela pada Sabtu (1/10/2022) membebaskan tujuh warga Amerika yang ditahan, dengan imbalan pembebasan dua keponakan istri Presiden Nicolas Maduro.

NEWS | 2 Oktober 2022

Keluarga yang Kehilangan Anak pada Tragedi Kanjuruhan Diminta Melapor

Kementerian PPPA mengimbau keluarga yang kehilangan anak-anaknya dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang agar melapor.

NEWS | 2 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, La Nyalla Soroti Polisi dalam Pola Penanganan Suporter

mantan Ketua Umum PSSI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti menyesalkan pola penanganan suporter oleh polisi dalam Tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Jokowi Minta Menkes dan Gubernur Jatim Beri Layanan Terbaik Korban Kanjuruhan

Presiden Jokowi memerintahkan Menkes Budi Gunadi dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa beri pelayanan terbaik pada korban Kanjuruhan.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolri dan Menpora Datangi Stadion Kanjuruhan

Kapolri dan Menpora Datangi Stadion Kanjuruhan

BOLA | 19 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings