Logo BeritaSatu

Kena Tumor Payudara, Wanda Hamidah Shock dan Menangis

Selasa, 16 Februari 2021 | 20:15 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang, Irawati D Astuti / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Selebriti dan aktivis, Wanda Hamidah, mengaku pernah mengidap tumor payudara pada 2010 lalu. Saat itu, Wanda mengaku shock, panik, dan sedih.

"Rasanya seperti kaki enggak menapak ke bumi," kisahnya saat menjadi pembicara bincang-bincang virtual Beritasatu Health Literacy "Perempuan dan Kanker", Selasa (16/2/2021).

Apalagi, Wanda mengaku tidak merasakan sakit apa pun di bagian tubuhnya. Oleh karena itu, ia pun benar-benar kaget dan panik.

"Begitu terpikir tumor dan kanker, rasanya saya sudah dekat dengan ajal. Langsung terpikir anak-anak nanti bagaimana," tutur Wanda.

Karenanya, ia menyebut, dukungan orang-orang terdekat, yakni keluarga dan sahabat, sangat ampuh untuk menaikkan semangat hidupnya kembali. Wanda pun langsung menjalani proses pengangkatan tumor payudara yang berukuran sekitar 2 centimeter itu.

Saat ini, untuk mengurangi risiko terkena kanker, Wanda menerapkan gaya hidup sehat dengan banyak mengasup makanan-makanan alami. Ini pun tak hanya ia lakukan pada dirinya sendiri, tetapi juga kepada anak-anaknya.

Menurut Duta Yayasan Kanker Payudara Indonesia ini, membiasakan anak dengan gaya hidup sehat adalah tugas ibu di rumah. Dengan demikian, diharapkan semakin besar, anak akan makin terbiasa dengan makanan-makanan sehat dan gaya hidup yang seimbang.

"Yang disediakan ibu di rumah adalah yang dimakan anaknya. Saya tidak pernah menyetok snack bervetsin dan minuman berwarna. Saya membiasakan anak saya makan makanan sehat dan minum banyak air putih. Yah, seminggu sekali mereka boleh makan makanan junk food. Tapi selain itu, mereka harus makan makanan sehat," ungkap Wanda.

Wanda menekankan, gaya hidup sehat tidak harus mahal dan bisa didapatkan dari sekitar.

“Kita bisa bercocok tanam dengan membuat kebun yang simpel hidroponik, untuk membuat salad sehat. Ini sedang tren dan banyak yang melakukannya. Jadi makanan yang tak ada rasa, sekarang ini semakin sehat. Makanan yang sehat itu tak berlebihan lemak, gula, garam, vetsin (penyedap rasa) dan lainnya,” jelas dia.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Revitalisasi TIM Rampung, Anies Harap Perubahan Besar Ekosistem Kesenian

Anies berharap selesainya revitalisasi TIM mampu membawa perubahan besar ekosistem kesenian yang menghasilkan karya-karya seni yang membanggakan.

NEWS | 26 September 2022

Wagub Jateng Hadiri Jaring Aspirasi UU Cipta Kerja

Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen mengapresiasi pemerintah pusat yang berupaya menjaring aspirasi buruh terkait UU Cipta Kerja.

NEWS | 26 September 2022

Alasan Effendi Simbolon Tak Hadiri Raker dengan Panglima TNI dan Kasad

Anggota Komisi I DPR Effendi Simbolon tidak menghadiri rapat kerja dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman.

NEWS | 26 September 2022

Sapa Masyarakat Baubau, Presiden Jokowi Pilih Berjalan Kaki

Presiden Jokowi memilih untuk berjalan kaki usai tiba di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara setelah melihat banyak masyarakat yang menyambutnya.

NEWS | 26 September 2022

KPK Tak Segan Pakai Pasal Obstruction of Justice di Kasus Lukas Enembe

KPK menegaskan tidak segan untuk menerapkan pasal obstruction of justice atau perintangan penyidikan di kasus Gubernur Papua Lukas Enembe

NEWS | 26 September 2022

Lukas Enembe Klaim Sakit, KPK Belum Terima Informasi Sahih

KPK menyatakan belum menerima informasi yang sahih terkait kondisi kesehatan Gubernur Papua, Lukas Enembe yang mengeklaim sakit.

NEWS | 26 September 2022

Sahroni: KPK Belum Umumkan Tersangka Formula E

Ketua Pelaksana Formula E 2022, Ahmad Sahroni mengatakan, hingga saat ini KPK belum mengumumkan tersangka kasus Formula E

NEWS | 26 September 2022

Soal Shadow Team, Legislator Ingatkan Nadiem Cara Bernegara

Soal shadow team, Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih mengingatkan Nadiem Anwar Makarim cara bernegara yang sesuai dengan aturan.

NEWS | 26 September 2022

DPR Bakal Tegur Mendagri karena Pj Gubernur Babel Rangkap Jabatan

DPR bakal menegur Mendagri Tito Karnavian karena Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin rangkap jabatan sebagai Dirjen Minerba Kementerian ESDM. 

NEWS | 26 September 2022

Inpres Kendaraan Listrik, Riza: Waktunya Para Engineer Unjuk Kemampuan

Inpres kendaraan listrik menjadi kesempatan untuk para engineer Indonesia agar bisa unjuk kemampuan dalam mengonversi bahan bakar kendaraan menjadi listrik.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Revitalisasi TIM Rampung, Anies Harap Perubahan Besar Ekosistem Kesenian

Revitalisasi TIM Rampung, Anies Harap Perubahan Besar Ekosistem Kesenian

NEWS | 34 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings