Penulis Naskah "Oshin" Meninggal Dunia
Logo BeritaSatu

Penulis Naskah "Oshin" Meninggal Dunia

Selasa, 6 April 2021 | 08:43 WIB
Oleh : Irawati D Astuti / IDS

Tokyo, Beritasatu.com - Bagi mereka yang tumbuh di era 80-an, serial televisi Jepang, "Oshin" tentu tak asing lagi. Serial drama itu berkisah tentang kehidupan seorang perempuan Jepang dari masa kecilnya yang miskin dan penuh tragedi hingga masa tuanya yang penuh kesuksesan. "Oshin" sukses menawan hati masyarakat di lebih dari 60 negara dunia, termasuk Indonesia.

Setelah 40 tahun berlalu, kini sebuah kabar duka datang dari penulis naskah "Oshin", Sugako Hashida. Sugako meninggal akibat penyakit kanker kelenjar getah bening atau lymphoma, dalam usia 95 tahun.

Sugako Hashida telah dirawat untuk penyakit tersebut sejak awal tahun ini. Ia meninggal dunia pada Minggu (4/4/2021) lalu di rumahnya di Atami, Tokyo Barat.

Hal itu diungkapkan oleh Pinko Izumi, aktris yang kerap tampil dalam berbagai serial drama yang ditulis Sugako Hashida, termasuk “Oshin.” Pinko mengatakan bahwa ia ada di samping Sugako Hashida saat ia meninggal dunia.

“Saya bilang ke dia ‘Mama,’ lalu dia membuka matanya sejenak, kemudian dia seperti terlelap," tutur Pinko dalam sebuah wawancara dengan media Jepang.

Sugako Hashida lahir di Korea pada 1925 saat Jepang menjajah Semenanjung Korea. Sugako kemudian pindah ke Jepang pada akhir dekade 1930-an dan hidup di Osaka.

Ia memutuskan untuk bekerja di studio film Shochiku pada 1949 sebelum menjadi penulis naskah untuk berbagai serial drama di televisi. Salah satunya adalah “Oshin” yang ditayangkan pada 1983-1984 di stasiun televisi NHK.

Sugako Hashida menulis sebuah buku wasiat yang berisikan keinginannya meninggal dalam kondisi bermartabat. Ia meminta tidak perlu digelar pemakaman saat ia meninggal.

"Oshin" merupakan kisah fiksi yang dibuat berdasarkan biografi seorang perempuan Jepang yang sukses mendirikan sebuah jaringan supermarket terkenal. "Oshin" mengisahkan perjuangan hidup sang tokoh utama, dari masa kecilnya yang penuh kegetiran, hingga saat-saat terakhir hidupnya di dekade 1980-an.

“Oshin” ditayangkan di lebih dari 60 negara dan mampu menarik perhatian banyak orang. Di Indonesia, Oshin ditayangkan sejak November 1986. Para pemirsa TVRI selalu menanti penayangannya. Saat itu, pemerintah menggunakan serial ini untuk menginspirasi rakyat Indonesia agar tegar dalam menghadapi penderitaan hidup dan tak kenal menyerah, serta maju seperti Oshin.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Krisdayanti Minta Masyarakat Jangan Berlebihan Terkait Kedatangan Jokowi di Akad Nikah Aurel dan Atta

Kehadiran Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo yang menjadi saksi pernikahan Aurel dan Atta mendapat tanggapan beragam dari warganet.

HIBURAN | 6 April 2021

Kalina Hamil, Vicky Bikin Sayembara untuk Orang Mirip Dengannya

Vicky mengaku telah menyiapkan Rp 100 juta untuk mendatangkan orang-orang yang mirip dengannya dari berbagai daerah di Indonesia untuk penuhi ngidam istri.

HIBURAN | 5 April 2021

Julie Estelle: Perubahan Iklim Sumber Segala Masalah

Menurutnya, perubahan iklim mempengaruhi semua bangsa dan semua hal di dunia.

HIBURAN | 5 April 2021

Baru Nikahkan Aurel, Krisdayanti Inginkan Dunia yang Lebih Baik untuk Anak Cucu

Krisdayanti ikut berperan serta dalam video kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perubahan iklim.

HIBURAN | 5 April 2021

Daftar Lengkap Pemenang SAG Awards 2021

Karena digelar di tengah pandemi, SAG Awards digelar cukup berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

HIBURAN | 5 April 2021

Chadwick Boseman Aktor Terbaik dalam SAG Awards 2021

Ini adalah penghargaan kedua yang ia terima lewat aktingnya dalam film “Ma Rainey’s Black Bottom.”

HIBURAN | 5 April 2021

Justin Bieber Kejutkan Penggemar dengan Album Baru

Di akun media sosialnya, Justin tiba-tiba memberikan pengumuman bahwa ia baru saja merilis mini album berjudul "Freedom".

HIBURAN | 5 April 2021

Raup Rp 4,1 Triliun, "Godzilla vs Kong" Film Terlaris Saat Pandemi

Total, “Godzilla vs. Kong” mampu meraup pemasukan sebesar U$ 285 juta (Rp 4,1 triliun) di seluruh dunia.

HIBURAN | 5 April 2021

Vokalisnya Cuti Hamil, Cokelat Lanjut Bersama Astrid

"Kami memberikan istirahat panjang buat Aiu dengan tujuan agar ia bisa fokus menjaga kesehatan dirinya serta kandungannya."

HIBURAN | 5 April 2021

Boy Band Cilik Bentukan Titi DJ Rilis Single

Dear Juliets, "boy band" cilik yang diproduseri oleh Sang Dewi Enterprise, merilis single keduanya berjudul "Your Hair".

HIBURAN | 4 April 2021


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS