Logo BeritaSatu

Dubes Heri Akhmadi Apresiasi Grup Gamelan Lambangsari Asal Jepang

Minggu, 13 Juni 2021 | 21:31 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Tokyo, Beritasatu.com – Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi memberikan apresiasi terhadap penampilan kelompok gamelan asal Jepang, Lambangsari. Apresiasi itu disampaikan saat grup gamelan itu tampil pada pementasan wayang kulit yang digelar di Tokyo, Jepang, Sabtu (12/6/2021).

Dubes Heri Akhmadi menyaksikan pagelaran itu bersma istri, Ny Nuning Akhmadi. Pementasan wayang kulit digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Dubes Heri Akhmadi mengatakan, grup Gamelan Lambangsari telah berkontribusi dalam memajukan seni budaya Indonesia di Jepang. Heri Akhmadi juga memberikan piagam penghargaan kepada grup Lambangsari seusai pementasan.

"Saya percaya, persahabatan dua bangsa tidak hanya penting di tingkat pemerintahan, tetapi juga di tingkat masyarakat. Saya mengapresiasi grup Lambangsari yang bertahun-tahun mempromosikan kesenian gamelan dan wayang ini di Jepang," ujar Dubes Heri Akhmadi.

Pimpinan Lambangsari, Kayo Kimura menjelaskan, Lambangsari yang didirikan sejak 1985 ini beranggotakan 17 orang warga negara Jepang. Selain aktif menggelar pementasan, Lambangsari juga mengajarkan musik Gamelan Jawa kepada masyarakat Jepang.

"Saya mengajar karawitan Jawa di Tokyo. Murid-murid saya yang berjumlah 50 anak senang sekali belajar gamelan. Studio Lambangsari kami ada di Simbashi. Ada 30 murid saya. Saya suka gamelan karena kita harus main bersama-sama," terang Kayo Kimura.

Dubes Heri Akhmadi juga mengapresiasi penampilan Ki Dalang Rofit Ibrahim yang tampil memukau 140 orang warga Jepang. Pementasan wayang kulit ini menggunakan bahasa Jepang dengan lakon “Sumantri dan Sukrosono”.

Dubes Heri Akhmadi Apresiasi Grup Gamelan Lambangsari Asal Jepang

"Malam ini saya kaget. Ada seniman Indonesia yang tinggal di Jepang dan mampu menampilkan cerita yang sangat mengesankan dan direspon secara baik oleh publik Jepang. Semoga ini menjadi awal yang lebih baik. Kami akan dukung," kata Dubes Heri Akhmadi.

Ki Dalang Rofit Ibharim (34 tahun) dan istrinya Hiromi Sasako yang tinggal di Jepang sejak 16 tahun lalu, konsisten mempromosikan gamelan khas Jawa dan seni pewayangan. Pemuda lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta 2004 ini membentuk kelompok gamelan Hanna Jos dan mendirikan Bintang Laras, sekolah musik gamelan di rumahnya, setelah melihat tingginya antusias masyarakat Jepang akan budaya asal Jawa itu.

"Sejak kecil saya menyenangi kesenian karawitan Jawa. Bersama istri, saya keliling Jepang untuk mengajar. Belakangan ini saya mengembangkan dalang bahasa Jepang dan menggunakan tutur Jawa. Dengan begitu, orang Jepang bisa lebih tertarik belajar seni karawitan" tutur Ki Dalang Rofit Ibharim.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dibatasi 6.000 Orang Undangan

Pemakaman kenegaraan Shizo Abe dibatasi maksimal untuk 6.000 orang undangan. Banyak politisi oposisi memilih untuk menghindar.

NEWS | 27 September 2022

OTT Hakim Agung, KPK Soroti Lemahnya Pengawasan di MA

Terkait OTT Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati, KPK menyoroti lemahnya pengawasan di internal peradilan. 

NEWS | 27 September 2022

Disebut “Shadow Team” oleh Nadiem, Ini Peran GovTech Edu

GovTech Edu merupakan sebuah unit independen yang dibentuk Telkom untuk menghadapi tantangan besar yang ingin diselesaikan oleh Kemendikbudristek.

NEWS | 27 September 2022

Istima Ulama NTB Deklarasi Dukung Ganjar Jadi Presiden

Ratusan tuan guru, ulama, kiai, hingga cendekiawan muslim di Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo jadi presiden

NEWS | 27 September 2022

Seragam Baru Polisi Lalu Lintas Akan Dilengkapi Body Camera

Anggota polisi lalu lintas atau polantas akan memiliki seragam baru yang dilengkapi dengan body camera atau bodycam

NEWS | 27 September 2022

Rekam Medis Digital Hadapi Tantangan Perlindungan Data Pribadi

Tantangan implementasi rekam medis digital saat ini bukan hanya pengelolaan data medis tetapi juga termasuk perlindungan data pribadi pasien.

NEWS | 27 September 2022

Trem Kota Bogor Diusulkan Terkoneksi LRT Cibubur-Baranangsiang

Trem Kota Bogor diudulkan agar terkoneksi dengan dengan light rail transit (LRT) koridor Cibubur-Baranangsiang.

NEWS | 27 September 2022

IPW Jelaskan Posisi Anggota DPR Terkait Private Jet Brigjen Hendra

IPW menjelaskan posisi anggota DPR yang meminta kepolisian menyelidiki penggunaan private jet oleh Brigjen Hendra Kurniawan yang diduga milik bandar judi.

NEWS | 27 September 2022

Pemkot: Trem di Kota Bogor Butuh Anggaran Rp 1,2 Triliun

Pemkot Bogor membutuhkan anggaran sebesar Rp 1,2 triliun untuk mewujudkan pembangunan trem

NEWS | 27 September 2022

Kapolda Metro Jaya Kerahkan Pasukan Basmalah Amankan Demo Hari Ini

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran mengerahkan Pasukan Basmalah untuk pengamaman demo hari ini di depan Gedung DPR memperingati Hari Tani Nasional.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dibatasi 6.000 Orang Undangan

Pemakaman Kenegaraan Shinzo Abe Dibatasi 6.000 Orang Undangan

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings