Logo BeritaSatu

Korea Foundation-Arcolabs Ajak Mahasiswa Ikut Kuliah Gratis

Selasa, 7 Desember 2021 | 19:55 WIB
Oleh : Hendro D Situmorang / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Korea Foundation bersama Arcolabs mengajak mahasiswa, pelaku seni rupa, desain, sains, dan masyarakat umum Indonesia mengikuti seri kuliah gratis secara daring (dalam jaringan) atau virtual bertema “Post Human & Art”.

Kuliah ini dirancang untuk memotivasi ide dan wacana baru tentang seni rupa di era pasca-manusia dengan mengundang para ahli, seperti seniman, kurator, dan cendekiawan, yang telah membangun perspektif dan praktik artistik yang mendalam dan luas di bidangnya sendiri.

Beberapa seniman memperhatikan cara manusia membangun hubungan mereka dengan non-manusia untuk menantang gagasan tradisional tentang kemanusiaan dan mengatasi masalah dunia yang didominasi manusia. Hal ini tidak hanya terbatas pada masalah antara manusia dan alam, tetapi juga menyangkut hubungan antara manusia dengan organisme tak hidup seperti benda, mesin, dan teknologi.

Seri kuliah pertama diadakan pada Kamis, 9 Desember 2021 pukul 15.00-17.00 WIB via Zoom dan Youtube Arcolabs yang akan dibawakan oleh Unhappy Circuit, seorang seniman media baru Korea yang karyanya didasarkan pada konvergensi berbagai disiplin ilmu, seperti seni, astronomi, biologi, ilmu data, dan linguistik. Keingintahuan utamanya adalah pada makhluk cerdas non-manusia.

Dengan menjelajahi dan memahami mereka, ia ingin memperluas ruang lingkup kemanusiaan dan pada akhirnya mempersiapkan masa depan peradaban manusia berdasarkan simbiosis antara manusia dan non-manusia.

"Pada kuliah ini saya akan membawakan cara pandang melalui serangkaian karya yang pernah dibuat. Saya juga berharap dapat mendorong seniman muda dan mahasiswa seni Indonesia untuk termotivasi untuk berkreasi sendiri," kata Unhappy Circuit di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Kuliah daring ini gratis dan ditujukan khususnya bagi mahasiswa dan pelaku seni rupa, desain, sains dan masyarakat umum yang tertarik pada bidang-bidang ini. Namun para peserta harus registrasi di https://bit.ly/1lectureseries sebagai langkah pendaftaran.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam bahasa Korea dan Indonesia dengan penerjemah. Peserta akan mendapatkan sertifikat elektronik. Melalui kegiatan ini, penyelenggara berharap dapat mengkaji arus global praktik seni media baru yang mengejar kecenderungan baru menuju estetika pasca-manusia.

Seri kuliah ini dimoderatori oleh Bob Edrian seorang kurator dan penulis yang penelitiannya fokus pada perkembangan bunyi dalam seni rupa dan seni media. Saat ini, ia adalah kurator di NuArt Sculpture Park dan direktur Audial Plane, sebuah divisi untuk seni suara dan musik eksperimental di Orange Cliff Records.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Polisi korban tragedi Kanjuruhan dimakamkan di Desa Sukosari, Trenggalek, Jawa Timur, Minggu, 2 Oktober 2022.

NEWS | 3 Oktober 2022

Peretas Jual Data Nomor Ponsel PM Inggris dan Pejabat Tinggi

Peretas menjual data rahasia nomor PM Inggris dan para pejabat tinggi lainnya. Situs web AS mencantumkan rincian kontak terbaru hampir semua menteri Inggris.

NEWS | 3 Oktober 2022

Rabu, Polri Limpahkan Tahap II Ferdy Sambo Dkk

Pelimpahan tahap II Ferdy Sambo dan kawan-kawan (dkk), tersangka tindak pidana pembunuhan Brigadir J dilaksanakan pada Rabu (5/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Tiga Mahasiswa Tewas Tenggelam di Pantai Klui Lombok Utara

Sebanyak tiga mahasiswa tewas tenggelam di Pantai Klui, Dusun Kelui, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Minggu (2/10/2022).

NEWS | 3 Oktober 2022

Musim Dingin di Eropa, Ilmuwan Peringatkan Cuaca Lebih Dingin

Ilmuwan memperingatkan perubahan cuaca yang lebih dingin dari biasanya saat musim dingin mendatang di Eropa

NEWS | 3 Oktober 2022

5 Tahun Dipimpin Anies, Dino Patti Djalal Sebut Jakarta Berkembang Pesat

Pendiri FPCI, Dino Patti Djalal menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah membawa Jakarta berkembang pesat selama lima tahun belakangan.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Dukung Kompetisi Sepak Bola Dihentikan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendukung agar kompetisi sepak bola dihentikan sementara imbas tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang. 

NEWS | 3 Oktober 2022

Relawan Perkenalkan Ganjar Pranowo Lewat Turnamen PUBG Mobile

Sahabat Ganjar memperkenalkan sosok Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada masyarakat di Kabupaten Belitung, Bangka Belitung melalui turnamen PUBG mobile.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kasus Ferdy Sambo, Mahfud MD Sebut Divisi Propram Polri Akan Dirombak

Mahfud MD mengatakan pemerintah merekomendasikan perombakan secara terbatas Divisi Propam Polri buntut dari kasus Brigadir J yang menjerat Ferdy Sambo. 

NEWS | 2 Oktober 2022

Waspada, Gas Air Mata Bisa Berdampak Fatal

Dokter spesialis mata Eka Hospital Bekasi, Moh Arief Herdiawan meminta masyarakat agar mewaspadai gas air mata karena bisa berdampak fatal.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

Tembakan Salvo Tandai Pemakaman Polisi Korban Tragedi Kanjuruhan

NEWS | 26 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings