Logo BeritaSatu

Viral Video Kuburan Upin dan Ipin, Les' Copaque Ungkap Fakta Sebenarnya

Selasa, 18 Januari 2022 | 22:58 WIB
Oleh : Fana F Suparman / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Dunia media sosial sempat dihebohkan dengan video yang memperlihatkan dua kuburan dan disebut sebagai kuburan tokoh kartun Upin dan Ipin di dunia nyata.

Viralnya video kuburan tersebut membuat Les' Copaque Production sebagai rumah produksi yang memproduksi serial Upin dan Ipin membeberkan fakta sebenarnya mengenai asal usul si kembar.

Melalui akun Twitter @lescopaque, rumah produksi yang didirikan oleh Haji Burhanuddin Md Radzi dan Hajah Ainon Ariff itu menjelaskan, cerita Upin dan Ipin hanya cerita rekaan dan tidak terinsipirasi oleh kisah nyata.

"Semua cerita Upin & Ipin adalah rekaan semata-mata dan ditulis sepenuhnya oleh Les' Copaque Production. Ianya tidak diambil atau diinpirasi dari kisah sesiapa yang masih hidup mahupun yang telah tiada," tulis akun @lescopaque sebagaimana dikutip Beritasatu.com, Selasa (18/1/2022).

Dikatakan, ide Upin dan Ipin berasal dari Hajah Ainon yang juga menjadi pengisi suara Opah. Les' Copaque mengatakan, setiap cerita yang ditulis bukan saja mudah dipahami tetapi juga sarat dengan pesan yang bermanfaat.

"Haji Burhanuddin, Pengarah Urusan Les' Copaque Production pula adalah pelakon suara Tok Dalang. Beliau juga turut berkongsi pengalaman beliau dibesarkan di kampung di dalam siri Upin & Ipin," ungkapnya.

Les' Copaque pun menjelaskan alasan Upin dan Ipin diceritakan yatim piatu atau tak memiliki orang tua. Dalam cerita, Upin dan Ipin diketahui tinggal bersama nenek yang disebut Opah dan kakak mereka bernama Ros.

"Ketika Upin & Ipin Musim 1 disiarkan di TV9, ianya merupakan projek sampingan saja. Oleh kerana kesuntukan masa dan kekurangan tenaga kerja, tiada watak baru dihasilkan dan LCP memilih untuk menjadikan Upin dan Ipin anak yatim piatu," kata Les' Copaque.

Les' Copaque juga menjelaskan mengapa Upin dan Ipin diceritakan berkepala plontos. Saat musim pertama, Les' Copaque terpaksa menekan ongkos dan mempercepat proses produksi.

"Begitu juga ketika Upin & Ipin Musim 1 dihasilkan, pihak LCP terpaksa memendekkan kos dan mempercepatkan proses pembuatan. Nak buat rambut (hair simulation) ketika itu terlalu memakan masa. Maka, Upin dan Ipin direka botak tetapi Upin ada sehelai rambut," ungkapnya.

"Kalau nak tahu kisah dan sejarah tentang penubuhan Les' Copaque Production boleh dapatkan buku yang ditulis sendiri oleh Tn Haji Burhanuddin yang akan berada di pasaran pada bulan Mac nanti," kata Les' Copaque menambahkan.

Diberitakan, sebuah video yang memperlihatkan kuburan tokoh kartun Upin dan Ipin di dunia nyata viral di media sosial TikTok. Video yang diunggah oleh akun TikTok @bank_alonk_3110 itu telah ditonton oleh 35,5 juta pengguna dan disukai oleh 3,8 juta pengguna.

Dalam video itu terlihat dua makam berukuran kecil dan berwarna biru. Pada makam pertama tertulis nama Ipin yang wafat pada 02-04-1996, sementara makam kedua tertulis Upin yang wafat 06-08-1995.

"Pantesan gak pernah gede'... ternyata cerita berdasarkan khayalan opah 10tahun lalu," tulis pengunggah video yang dilihat Beritasatu.com. Minggu (16/1/2022).

Pada kolom komentar, pengunggah menjelaskan mengenai video tersebut. Pengunggah menyebut mendapatkan video itu dari kawannya orang Malaysia.

"Maaf ya gaes jd rame. Video ini Alonk dapat dr temen yang juga org Malaysia.. Katanya ini berdasar kisah dr nenek di sana yg diungkap ke dalam animasi," tulisnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

21 Tahun Berkarya, Yovie & Nuno Tuai Pujian Para Musisi

Grup musik Yovie & Nuno yang dibentuk Yovie Widianto pada 2001 genap berusia 21 tahun. Para musisi pun mengapresiasi perjalanan musik Yovie & Nuno.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Lukman Sardi Sambut Kebijakan Lepas Masker

Aktor Lukman Sardi mengaku senang dan mendukung langkah pemerintah yang mengumumkan kebijakan lepas masker bagi masyarakat di ruang terbuka.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Penyanyi Legendaris Ivo Nilakreshna Meninggal Dunia

Penyanyi legendaris Ivo Nilakreshna meninggal dunia pada Jumat (20/5/2022) dalam usia 83 tahun.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Simak Nih, Tiga Tips Tetap Sehat Finansial Usai Lebaran

Berbagai pengeluaran selama Lebaran kerap tidak dilakukan dengan perencanaan yang matang, sehingga sering menguras kantong.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Hadirkan Maliq D'Essentials, Vision+ Gabungkan Konser Musik dan Sinema

Orkes Semesta ini akan menggambarkan sejarah terbentuknya Maliq D'Essentials saat 20 tahun lalu didirikan.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Anak Perlu Asah Kreativitas untuk Dukung Kesehatan Mental

Yupi mendorong anak dan remaja mengekspresikan talenta positif di bidang seni lewat program Yupi's Got Talent.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Mengenal Crypto Lending dan Kelebihannya

Crypto lending memiliki persyaratan yang lebih longgar, sehingga lebih mudah diakses oleh orang yang tidak memiliki riwayat keuangan.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Rusak Rumah Mantan Suami, Wanda Hamidah Siap Ganti Rugi

Wanda Hamidah seperti diungkapkan kuasa hukumnya berjanji bahwa semua kerugian yang timbul karena perbuatan dia akan diganti, dia siap tanggung jawab.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Kemajuan Teknologi Ubah Desain Interior Bangunan Publik

Kemajuan teknologi membawa perubahan signifikan pada desain interior bangunan, sehingga melengkapi tampilan sebuah gedung secara utuh.

LIFESTYLE | 20 Mei 2022

Hub.id Summit 2022 Akselerasi Pertumbuhan Startup Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus melakukan akselerasi pertumbuhan startup atau perusahaan rintisan digital di Indonesia.  

LIFESTYLE | 19 Mei 2022


TAG POPULER

# DNA Pro


# CPO


# PDSI


# SEA Games


# Hari Kebangkitan Nasional


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Emas Catat Kenaikan Mingguan karena Pelemahan Dolar

Harga Emas Catat Kenaikan Mingguan karena Pelemahan Dolar

EKONOMI | 9 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings