Tips

Membedakan Daging Sapi dan Kerbau

Membedakan Daging Sapi dan Kerbau
Perhatikan bentuk serat, warna daging agar tidak salah dalam membeli dan mengolahnya ( Foto: dagingsapi.wordpress.com )
Sabtu, 5 November 2011 | 18:05 WIB
Perhatikan bentuk serat dan warna daging agar tidak salah dalam membeli dan mengolahnya

Saat Hari Raya, untuk sebagian kalangan yang tidak terbiasa turun langsung untuk membeli daging, pastinya sangat sulit membedakan antara daging sapi dengan daging kerbau.
Oleh karenanya, perhatikan perbedaan masing-masing daging sebelum bersiap-siap mengolahnya di dapur Anda.

Perhatikan Warna Daging
Walaupun kedua memiliki warna yang sama, yaitu warna merah, namun ada hal yang dapat Anda bedakan. Warna merah pada daging sapi terlihat lebih pucat, sedangkan pada daging kerbau seakan lebih " terang menyala".

Perhatikan Serat Daging
Dalam hal tampilan fisik, ada perbedaan yang mencolok diantara kedua daging tersebut yaitu struktur serat keduanya. Tampilan serat pada daging kerbau mempunyai bentuk yang lebih besar dan lebih padat, sedangkan pada serat sapi struktur dagingnya kelihatan lebih halus.

Perhatikan Proses Pengolahan
Untuk proses memasak, kedua jenis daging juga mempunyai perbedaan yang cukup signifikan.  Proses memasak daging kerbau tentunya lebih lama karena struktur serat padat yang dimilikinya.

Untuk perbandingan, dalam merebus daging sapi untuk sampai mencapai tingkatan empuk, hanya memerlukan waktu 1 jam. Sedangkan untuk merebus daging kerbau diperlukan waktu 1,5 sampai dengan 2 jam.
Sumber: meatlover.co.uk