Logo BeritaSatu

Mendagri Janji Tanya Bupati Singkil Soal Penutupan 7 Gereja

Selasa, 12 Juni 2012 | 20:15 WIB
Oleh : B1

Mendagri menegaskan saat mengunjungi provinsi Aceh dua bulan lalu sepakat dengan Gubernur untuk memberikan izin jika dipenuhi persyaratan dalam membangun gereja.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan akan mengkonfirmasi Bupati Aceh Singkil terkait laporan yang menyebutkan tujuh gereja yang ditutup di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

”Saya akan tanyakan kepada bupati karena saya tidak tahu sampai sekarang ditutup atau dibongkar. Hak warga negara untuk menjalankan ibadah. Sepanjang terpenuhi persyaratannya dan aturan UU berlaku. Kalau persyaratan terpenuhi tidak boleh dibongkar,” kata Gamawan, kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini.

Mendagri menegaskan saat mengunjungi provinsi Aceh dua bulan lalu sepakat dengan Gubernur untuk memberikan izin jika dipenuhi persyaratan dalam membangun gereja.

”Saya harus mencari tahu apa alasan izin tidak keluar. Tidak dipenuh syarat atau sudah dipenuhi tapi karena kebijakan politik kepala daerah?” tanya mantan Gubernur Sumatera Barat ini.

Secara terpisah, Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengatakan dirinya belum mengetahui informasi mengenai kondisi ditutupnya gereja di Aceh Singkil. “Saya belum dengar informasi soal itu,” katanya.

Seperti diberitakan, jemaat meminta keadilan agar diberikan hak kebebasan beribadah menyusul penyegelan tujuh gereja Protestan dan Katolik di kawasan Aceh Singkil.

Menurut jemaat, alasan ketiadaan izin gereja-gereja itu dinilai mengada-ada karena gereja-gereja lokal itu sudah berdiri sejak awal 1930-an, sehingga wajar jika tidak memiliki izin.

"Gereja kami ini local church (gereja lokal), dan kami yang punya daerah; dibangun sudah sejak tahun 1930-an," kata Pendeta Elson Lingga yang melayani Gereja Kristen Protestan Pakpak Dairi, ketika dihubungi Beritasatu.com, Minggu (13/5) siang.

Elson mengatakan bahwa pada 30 April lalu, terjadi demonstrasi oleh pihak yang menyebut dirinya sebagai Front Pembela Islam (FPI) dan Forum Umat Islam (FUI), yang meminta agar gereja yang tak memiliki izin dibongkar.

Karena itu, pemda dan polisi, kata Elson, lantas melakukan penyegelan agar ormas tersebut tak melakukan pembongkaran. "Jadi yang menyegel itu ada dari tim pemerintah kabupaten, polisi, dan Satpol PP," kata Elson lagi.

Elson pun berharap, pemerintah Aceh Singkil bisa memfasilitasi dialog antara gereja dan pihak-pihak yang mempermasalahkan keberadaan gereja-gereja tersebut. Dia pun meminta agar dialog tersebut bisa difasilitasi oleh Komnas HAM.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perluas Moda Transportasi Mudik, Pertamina Gelar Mudik Bareng Gratis untuk 9.500 Orang

Selain itu, dalam rangka menyambut Asian Games 2018, BBM tahun ini juga mengikutsertakan komunitas olahraga, di antaranya mantan atlet.

HEADLINE | 11 Juni 2018

Keadilan untuk Ankur

Drama thriller yang dilatar belakangi oleh dunia medis. Film ini terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi di salah satu rumah sakit yang ada di New Delhi.

HEADLINE | 25 Mei 2018

Bjb Digi Digunakan untuk Isi Saldo Gopay

Pengguna layanan bjb net dapat melakukan top up Go-Pay dengan sangat mudah karena hanya perlu mengisi nominal jumlah saldo yang diinginkan.

HEADLINE | 1 Mei 2018

Dituduh Berbuat Tak Senonoh pada Wanita, Trump: FAKE NEWS!

Tiga wanita yang menuduh Trump melakukan perbuatan tak senonoh itu meminta Kongres AS menyelidiki perilaku presiden. Gedung Putih menyebut wanita itu berbohong.

HEADLINE | 12 Desember 2017

7 Fakta Peledakan New York! Benarkah Terkait Trump?

Peristiwa peledakan di Newa York disebut ada kaitannya dengan ISI. Lalu dikatakannya juga sebagai akibat pernyataan Trump soal Yerusalem.

HEADLINE | 12 Desember 2017

Lahan Stadion BMW Terus Diratakan Pemkot Jakut

Wali Kota Jakarta Utara memastikan tidak ada pihak yang tidak berkepentingan untuk masuk atau kembali membangun lapak liar di lahan itu.

HEADLINE | 25 Oktober 2017

Keluarga Pelaku Pembunuh Anggota BNN Shock

Pelaku yang diamankan aparat gabungan semalam bernama Abdul Malik Azis (37), yang tak lain adalah suami dari korban sendiri.

HEADLINE | 4 September 2017

Rayakan Kebersamaan Malam Tahun Baru dengan Hidangan Istimewa

acara keluarga tidak akan terlepas dari agenda makan bersama. Untuk hidangannya sendiri, pastinya harus spesial untuk menyambut pergantian tahun.

HEADLINE | 23 Desember 2016

Polri Jamin Natal Aman dari Aksi Terorisme

Polri menjamin keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

HEADLINE | 22 Desember 2016

Bumbu Praktis dan Berkualitas Untuk Eksplorasi Kuliner Nusantara

Kini Royco hadir dengan Bumbu Dasar Ayam Kuning, di mana Anda dapat menghemat waktu memasak dengan kualitas bumbu giling basah yang terjamin.

HEADLINE | 19 Desember 2016


TAG POPULER

# Brigadir RR


# Bharada E


# Jokowi


# Brigadir J


# MU


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

Airlangga: UMKM Berkontribusi Besar pada Ekonomi Nasional

EKONOMI | 2 jam yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings