Logo BeritaSatu

ITB: Macet Jakarta Menguras Waktu dan Penghasilan Warga

Selasa, 18 Desember 2012 | 13:11 WIB
Oleh : B1

Waktu produktif yang terbuang karena kemacetan di Jakarta, mencapai 2 jam per orang per hari.

Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) ,Harun Al Rasyid Lubis menyebutkan warga Jakarta menghabiskan waktu produktif dua jam per hari karena macet.

Hal ini diperparah dengan biaya kemacetan perkotaan Jakarta dan sekitarnya menghabiskan hingga 10 persen Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), termasuk biaya kesehatan masyarakat.

Harun mengatakan, sebanyak minimal 20-30 penghasilan keluarga miskin dihabiskan untuk biaya transportasi, sementara waktu produktif yang terbuang karena kemacetan di Jakarta, kata dia, mencapai 2 jam per orang per hari.

Kemacetan juga menimbulkan gangguan kesehatan. Emisi kendaraan bermotor, kata dia, menyebabkan infeksi saluran pernapasan (ISPA), gangguan reproduksi, kanker paru-paru, serta perubahan genetik.

"Sehingga dibutuhkan biaya sebesar US$ 100 juta untuk biaya pengobatan ISPA di Jakarta per tahun," kata dia, Selasa (18/12).

Harun menambahkan, biaya kemacetan di Bandung pada tahun 2012 mencapai Rp 14 miliar per hari. Sedangkan biaya kemacetan di Jakarta pada tahun 2014 mencapai Rp 186 miliar per hari.

Oleh karena itu, kata Harun, perlu dilakukan evaluasi yang komprehensif atas efektivitas perencanaan dan upaya pengembangan sistem transportasi selama ini dan segera diambil jalan keluar.

Salah satu solusi, kata dia, adalah segera dibangun monorail di Jakarta. Selain itu, Harun sepakat agar segera membangun MRT atau subway sebagai angkutan massal warga kota.

Ia juga mengusulkan agar menggantu sebagian besar busway menjadi railbus sehingga kapasitas dalam mengangkut penumpang jauh lebih besar.

"Utamakan people mobilization bukan car mobilization," kata dia.

Ia juga meminta agar kendaraan umum diperbanyak seperti metromini, kopaja, dan bis dengan kendaraan yang jauh lebih layak agar warga merasa nyaman untuk menggunakan kendaraan umum.

Sedangkan di bidang pelayanan publik Harun mengusulkan, harus melaksanakan reformasi birokrasi agar pemerintahan berjalan bersih, transparan dan profesional. Mempercepat dan memperpendek waktu pengurusan izin, waktu pengurusan izin paling lama hanya sampai enam hari kerja.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perluas Moda Transportasi Mudik, Pertamina Gelar Mudik Bareng Gratis untuk 9.500 Orang

Selain itu, dalam rangka menyambut Asian Games 2018, BBM tahun ini juga mengikutsertakan komunitas olahraga, di antaranya mantan atlet.

HEADLINE | 11 Juni 2018

Keadilan untuk Ankur

Drama thriller yang dilatar belakangi oleh dunia medis. Film ini terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi di salah satu rumah sakit yang ada di New Delhi.

HEADLINE | 25 Mei 2018

Bjb Digi Digunakan untuk Isi Saldo Gopay

Pengguna layanan bjb net dapat melakukan top up Go-Pay dengan sangat mudah karena hanya perlu mengisi nominal jumlah saldo yang diinginkan.

HEADLINE | 1 Mei 2018

Dituduh Berbuat Tak Senonoh pada Wanita, Trump: FAKE NEWS!

Tiga wanita yang menuduh Trump melakukan perbuatan tak senonoh itu meminta Kongres AS menyelidiki perilaku presiden. Gedung Putih menyebut wanita itu berbohong.

HEADLINE | 12 Desember 2017

7 Fakta Peledakan New York! Benarkah Terkait Trump?

Peristiwa peledakan di Newa York disebut ada kaitannya dengan ISI. Lalu dikatakannya juga sebagai akibat pernyataan Trump soal Yerusalem.

HEADLINE | 12 Desember 2017

Lahan Stadion BMW Terus Diratakan Pemkot Jakut

Wali Kota Jakarta Utara memastikan tidak ada pihak yang tidak berkepentingan untuk masuk atau kembali membangun lapak liar di lahan itu.

HEADLINE | 25 Oktober 2017

Keluarga Pelaku Pembunuh Anggota BNN Shock

Pelaku yang diamankan aparat gabungan semalam bernama Abdul Malik Azis (37), yang tak lain adalah suami dari korban sendiri.

HEADLINE | 4 September 2017

Rayakan Kebersamaan Malam Tahun Baru dengan Hidangan Istimewa

acara keluarga tidak akan terlepas dari agenda makan bersama. Untuk hidangannya sendiri, pastinya harus spesial untuk menyambut pergantian tahun.

HEADLINE | 23 Desember 2016

Polri Jamin Natal Aman dari Aksi Terorisme

Polri menjamin keamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

HEADLINE | 22 Desember 2016

Bumbu Praktis dan Berkualitas Untuk Eksplorasi Kuliner Nusantara

Kini Royco hadir dengan Bumbu Dasar Ayam Kuning, di mana Anda dapat menghemat waktu memasak dengan kualitas bumbu giling basah yang terjamin.

HEADLINE | 19 Desember 2016


TAG POPULER

# Anggota TNI Tewas


# Medina Zein


# Vaksinasi Covid-19


# Piala Thomas


# Timnas Indonesia


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Luar Biasa! 289 Saham Naik, IHSG Meroket 148 Poin ke 6.793

Luar Biasa! 289 Saham Naik, IHSG Meroket 148 Poin ke 6.793

EKONOMI | 10 menit yang lalu










BeritaSatu Logo
TERKONEKSI BERSAMA KAMI
BeritaSatu Facebook
BeritaSatu Twitter
BeritaSatu Instagram
BeritaSatu YouTube
Android Icon iOS Icon
Copyright © 2022 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings