Amankan Debat Capres, Polisi Pasang CCTV Mobile

Amankan Debat Capres, Polisi Pasang CCTV Mobile
Brigjen Pol Dedi Prasetyo. ( Foto: Antara )
/ YUD Jumat, 1 Maret 2019 | 16:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Polisi akan memasang CCTV mobile di kendaraan-kendaraan patroli yang berjaga di sekitar kawasan Hotel Shangri-La, Jakarta selama berlangsungnya Debat Capres 2019 untuk memastikan situasi keamanan.

"Belajar dari pengalaman debat kedua, di beberapa mobil khusus (dipasang CCTV) untuk memonitor jalannya debat yang berada di luar maupun di lokasi debat," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Tak hanya CCTV mobile, Dedi mengatakan Polri juga akan memasang alat pengenal wajah.

"Kami rekam wajah-wajahnya dengan 'face recognition', jadi siapapun yang hadir akan dapat dilihat kembali datanya," katanya.

Sebanyak 5.000 personel kepolisian telah disiapkan untuk mengamankan Debat Final Capres. Selain itu, sebanyak 600 personel TNI turut diperbantukan.

Wilayah pengamanan di lokasi debat dibagi empat zona.

"Ada tiga zona, zona satu, pengamanan menggunakan Paspampres. Pada H-1 sudah dilakukan sterilisasi. Kemudian zona dua ada TNI dan Polri dan pihak keamanan internal hotel, zona tiga adan tim gabungan TNI Polri untuk mengamankan lokasi parkir dan sekitar hotel. Zona empat domain dari polisi lalu lintas," katanya.

Dedi pun mengingatkan kepada masing-masing tim pemenangan capres-cawapres untuk melapor ke Polda Metro Jaya bila akan menggelar nonton bareng debat sehingga lokasi nonton bareng turut dijaga aparat.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin nomor urut 01 dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno nomor urut 02.

Rencananya Debat Final Capres 2019 akan digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Sabtu 30 Maret 2019.

Adapun tema debat adalah ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan serta hubungan internasional.



Sumber: ANTARA