Polisi Selidiki Uang Rp 90 Miliar dalam Koper di Soetta

Polisi Selidiki Uang Rp 90 Miliar dalam Koper di Soetta
Ilustrasi uang dolar ( Foto: Investor Daily / David Gitaroza )
Bayu Marhaenjati / YUD Senin, 15 April 2019 | 18:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Polisi terus melakukan penyelidikan terkait penangkapan enam orang, yang membawa uang sekitar Rp 90 miliar di dalam koper, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (12/4) lalu. Hingga saat ini, mereka belum bisa membuktikan dari mana asal uang itu.

"Jadi kita kerjasama dengan Bea Cukai, kemudian kita melakukan penggeledahan ada barang masuk berupa koper yang dibawa oleh enam orang dari Singapura. Kemudian setelah kita lakukan penggeledahan ternyata berisi uang asing ada uang Yen, Dolar Singapura, Selandia Baru. Keseluruhan itu kalau kita kurs kan sekitar Rp 90 miliar," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabow Argo Yuwono, Senin (15/4/2019).

Dikatakan Argo, keenam orang berinisial Y, EG, Gof, Gio, K, dan Y, yang diamankan hingga saat ini belum bisa membuktikan kalau uang yang dibawa diantaranya 10 juta Yen, 90 juta Won, 45.000 Riyal, 100.000 Dolar Selandia Baru, 3.677.000 Dolar Singapura, itu berasal dari mana.

"Ketika kita lakukan interogasi terhadap yang membawa uang tersebut, sampai saat ini belum ada yang membuktikan bahwa uang itu dari mana," ungkap Argo.

Argo menuturkan, menurut keterangan uang itu dibeli dari luar negeri, namun mereka belum bisa menunjukan bukti pembelian.

"Kita kan sebagai penyidik perlu mempertanyakan dengan adanya uang dengan jumlah besar itu masuk ke Indonesia, buktinya mana kalau membeli dari luar negeri, sampai saat ini belum bisa membuktikan. Mereka itu adalah pegawai money changer yang ada di Jakarta," kata Argo.

Hingga saat ini, penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya masih menyelidiki asal dan peruntukan uang dalam jumlah besar itu masuk ke Indonesia.



Sumber: BeritaSatu.com