Penasihat Hukum Yakin Ratna Harus Bebas

Penasihat Hukum Yakin Ratna Harus Bebas
Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks Ratna Sarumpaet, didampingi anaknya Atiqah Hasiholan untuk mengikuti sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019. ( Foto: ANTARA FOTO / Yulius Satria Wijaya )
Bayu Marhaenjati / CAH Rabu, 15 Mei 2019 | 07:31 WIB

Jakarta,Beritasatu.com - Persidangan kasus berita bohong atau hoax telah bergulir hingga pemeriksaan terdakwa Ratna Sarumpaet, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019). Penasihat hukum Ratna, Insank Nasruddin menilai, sejauh ini delik materil perihal keonaran belum terbukti hingga persidangan terakhir. Sehingga, seharusnya kliennya bebas.

"Delik ini, delik materil ya. Artinya, lebih condong ke keonarannya. Untuk menguji keonarannya itu sebagaimana kalau kita merujuk kepada ahli hukum pidana beliau mengatakan kerusuhan, diperkara ini tidak ada kerusuhan. Jadi kami masih sangatlah meyakini dari jerat hukum Ratna harus dibebaskan," ujar Insank, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2019).

Dikatakan Insank, Ratna berbohong memang terungkap dalam persidangan, namun kliennya tidak pernah meminta agar kebohongannya ini tersebar ke publik.

"Ya, artinya sidang ini berjalan sesuai dengan faktanya bahwa Ratna berbohong, beliau menyampaikan kepada pihak-pihak, namun dia sampaikan kepada pihak karyawan bahwa itu jangan disebar ke publik. Kemudian pihak lain tokoh-tokoh itu off the record, not to public. Kan seperti itu. Artinya semua informasi yang diperoleh Ratna jangan disampaikan ke publik," ungkap Insank.

Menyoal jawaban Ratna dalam sidang pemeriksaan terdakwa tidak konsisten, Insank menuturkan, tidak konsistennya bukan pada hal yang substansial.

"Bukan substansialnya kok, apakah dia peroleh itu sesudah atau sebelum, cuma itu saja. Itu saja yang paling pokok," kata Insank.



Sumber: BeritaSatu.com