Pemeriksaan Ustaz Lancip Ditunda Pekan Depan

Pemeriksaan Ustaz Lancip Ditunda Pekan Depan
Ustaz Ahmad Rifky Umar Said Barayis alias Ustaz Lancip ( Foto: Istimewa )
Bayu Marhaenjati / CAH Selasa, 11 Juni 2019 | 13:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, menunda pemeriksaan terhadap Ustaz Ahmad Rifky Umar Said Barayis alias Ustaz Lancip terkait kasus dugaan tindak pidana ujaran kebencian dan atau berita bohong, Senin (10/6/2019) kemarin. Rencananya penyidik akan memanggilnya kembali, Senin (17/6/2019) pekan depan.

"Ditunda 17 Juni (pemeriksaannya). Yang bersangkutan ada kegiatan," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Selasa (11/6/2019).

Sebelumnya, penyidik memanggil Ustaz Lancip untuk dimintai keterangan terkait kasus dugaan tindak pidana ujaran kebencian dan atau berita bohong, Senin kemarin. Namun, penyidik harus menjadwalkan ulang pemeriksaan karena yang bersangkutan berhalangan hadir.

Dikatakan Argo, Ustaz Lancip berhalangan hadir karena ada kegiatan yang sudah dijadwalkan sebelumnya. "Alasannya ada kegiatan lain yang sudah terjadwal," ungkap Argo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penyidik memanggil Ustaz Lancip untuk dimintai keterangan terkait laporan kasus dugaan tindak pidana ujaran kebencian dan berita bohong dengan nomor LP/3473/VI/2019/PMJ/Dit Reskrimsus, tertanggal 7 Juni 2019, seperti yang diatur dalam Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45A ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 14 dan/atau Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 207 KUHP.

Ustaz Lancip dilaporkan soal pernyataannya, bahwa ada hampir 60 orang meninggal dan ratusan orang hilang terkait kerusuhan massa tanggal 21-22 Mei kemarin. Pernyataannya itu terekam di dalam video, dan viral di jagat maya.



Sumber: BeritaSatu.com