Bekas Pegawai Curi Uang di Kantor Dino Patti Djalal

Bekas Pegawai Curi Uang di Kantor Dino Patti Djalal
Ilustrasi pencurian. ( Foto: dok )
Bayu Marhaenjati / CAH Rabu, 19 Juni 2019 | 15:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, menangkap NP (32) lantaran mencuri uang dari dalam brankas, di Kantor Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) milik mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal, di Gedung Mayapada, Jakarta Selatan. Pelaku merupakan mantan pegawai di kantor itu.

"Tersangka mengambil uang USD 1.200 pecahan USD 100 sebanyak 12 lembar, SGD 9000 pecahan 1.000 sebanyak sembilan lembar dan Rp 10 juta, dari dalam brangkas," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono, Rabu (19/6/2019).

Dikatakan Argo, kronologi pencurian bermula ketika pelaku berkunjung ke Kantor FPCI, Gedung Mayapada, Jakarta Selatan, sekitar pukul 17.00, Senin (20/5/2019) lalu. Tersangka NP yang pernah bekerja di sana, kemudian bertemu dengan teman-temannya dan sempat berbincang-bincang.

Argo menambahkan, tersangka kemudian masuk ke salah satu ruangan kerja yang dalam keadaan kosong. "Di sana tersangka melihat dua kunci brankas yang tergeletak di atas meja. Lalu, dua kunci itu diambil," ungkap Argo.

Sejurus kemudian, tersangka bergeser ke ruang kerja Dino Patti Djalal dan membuka brankas. "Tersangka membuka brankas korban dengan kunci yang ditemukan di meja karyawan, kemudian tersangka mengambil uang yang ada di brankas, dan pergi meninggalkan tempat kerja korban," katanya.

Menurut Argo, setelah menerima laporan penyidik Resmob langsung melakukan penyelidikan, memeriksa saksi dan mengumpulkan bukti-bukti. Pelaku kemudian ditangkap, Jumat (14/6/2019) kemarin.

"Tersangka dikenakan Pasal 362 KUHP, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com