Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana, Pengacara: Tunggu Proses Administrasi

Penangguhan Penahanan Eggi Sudjana, Pengacara: Tunggu Proses Administrasi
Pengacara Hendarsam Marantoko, di Polda Metro. ( Foto: Beritasatu.com/Bayu Marhaenjati )
Bayu Marhaenjati / CAH Senin, 24 Juni 2019 | 16:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kuasa hukum Eggi Sudjana, Hendarsam Marantoko mengatakan, permohonan penangguhan penahanan kliennya kemungkinan bakal dikabulkan penyidik Polda Metro Jaya, hari ini. Saat ini, pihaknya masih menunggu proses administrasi terkait penangguhan penahanan itu.

"Kami baru dapat info, hari ini mudah-mudahan pak Eggi permohonan penangguhan penahannya dikabulkan. Kami lagi tunggu kabar lebih lanjut untuk proses administrasi. Karena ada beberapa hal yang harus diselesaikan proses administrasinya oleh penyidik," ujar Hendarsam, di Mapolda Metro Jaya, Senin (24/6/2019).

Dikatakan Hendarsam, sebelumnya Eggi sudah mengajukan permohonan penangguhan penahanan, dengan jaminan dari keluarga dan politisi Sufmi Dasco Ahmad, satu hari sebelum Idul Fitri kemarin.

"Mudah-mudahan tidak lama lagi akan keluar. Lagi diproses, lagi diketik-ketik untuk proses administrasi. Positif (ditangguhkan), Insya Allah," ungkap Hendarsam.

Hendarsam menyampaikan, tim kuasa hukum, Sufmi Dasco, Liues Sungkharisma dan beberapa kerabat sudah bertemu dengan Eggi dan memberitahukan perihal penangguhan penahanan itu, di Ruang Tahanan Polda Metro Jaya, siang tadi.

"Setelah pertemuan itu, beliau langsung dicek kesehatannya juga. Jadi kita tinggal tunggu proses administrasinya saja," katanya.

Hendarsam menuturkan, kliennya dalam kondisi sehat dan nampak lebih segar. Eggi juga mengaku senang dengan kabar penangguhannya kemungkinan dikabulkan penyidik.

"Jadi mungkin nanti kewajiban beliau untuk wajib lapor, biasanya seminggu dua kali. Ini keluarga juga sudah datang, teman kuasa hukum sudah ada. Baik (kondisinya), saya lihat segar dibanding ketemu sebelumnya. Jauh lebih segar," tandasnya.

Sementara itu, Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) AKBP Barnabas, mengatakan pihaknya belum menerima surat dari penyidik terkait pengeluaran tahanan Eggi Sudjana.

"Kami belum terima suratnya, yang bersangkutan masih ada di rutan. Kita di Taati (prosedurnya) menerima surat perintah penangguhan penahanan dan surat perintah pengeluaran tahanan dari direktorat yang menahan," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com