Polres Bogor Tangkap 11 Pelaku Perampokan Minimarket

Polres Bogor Tangkap 11 Pelaku Perampokan Minimarket
Komplotan spesialis pencurian dengan kekerasan bersenjata api diamankan di Mapolres Bogor, Senin (24/6/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Vento Saudale )
Vento Saudale / JAS Selasa, 25 Juni 2019 | 08:10 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Polres Bogor mengamankan 11 pelaku dugaan pencurian dengan kekerasan (curas) spesialis minimarket. Dalam setiap aksinya komplotan ini menggunakan senjata api.

Kapolres Bogor Ajun Komisaris Besar AM Dicky aksi komplotan ini terakhir dilakukan pada pertengahan Mei 2019 di sebuah minimarket di kawasan Cileungsi, Kabupaten Bogor.

“Informasi tersebut ditindaklanjuti oleh Reskrim dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan yang memakan waktu lebih kurang satu bulan. Sebelas orang berhasil kami tangkap,” kata Dicky, di Mapolres Bogor, Senin (24/6/2019).

Adapun inisial pelaku yaitu yang berhasil diamankan polisi yakni tersangka P, HV, R, AD, IP, JA, JIR, MYA, I, RM, dan PRW. Semua pelaku ditahan di Mapolres Bogor.

Setelah menangkap pelaku dan dilakukan pendalaman kasus, pihak kepolisian mendapatkan keterangan bahwa mereka selama ini telah melakukan kejahatan di 17 TKP di wilayah Bogor, Bekasi dan lainnya. Aksi yang dilakukan para pelaku itu sangat meresahkan masyarakat, termasuk mengancam jiwa, raga, dan harta benda.

Dari tangan para tersangka, polisi berhasil menyita dua senjata api serta beberapa butir peluru, sisa uang hasil kejahatan, kemudian kendaraan yang digunakan untuk melakukan aksi dan motor tersebut adalah motor bodong.

"Jadi pelaku ini selain melakukan aksi curat dan curas di minimarket, mereka juga melakukan aksi curanmor juga termasuk aksi kriminal mengganjal ATM dan bahkan kita temukan juga penggunaan narkoba oleh pelaku. Jadi mereka sebelum melaksanakan aksinya, menggunakan narkoba. Bahkan juga salah satu motif kejahatan mereka salah satunya adalah kecanduan terhadap narkoba,” kata Kapolres Dicky.

Modus operandi pelaku melakukan perbuatan curas dengan masuk ke toko minimarket yang akan tutup, kemudian menodongkan kasir dengan senpi lalu mengambil uang hasil penjualan berikut barang-barang milik minimarket. Selain melakukan curas, pelaku juga melakukan pencurian dengan pemberatan dengan modus ganjal ATM serta curanmor.

Para tersangka diancam Pasal 365, 363 KUHP serta UU Darurat No. 12 tahun 1951 dengan ancaman pidana 20 tahun penjara hingga seumur hidup.

Di tempat yang sama, Direktur Korporasi PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) Solihin, mengapresiasi kinerja Polres Bogor atas pengungkapan aksi kriminalitas yang kerap menjadikan minimarket sasaran.

"Dengan adanya pengungkapan ini menjadi tercipta rasa aman. Kami berharap ke depannya ada rasa jera untuk pelaku kejahatan," kata Solihin.

Solihin menambahkan, selama ini pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat terkait dan masyarakat sekitar. Bahkan pihaknya juga memberikan pengamanan dengan CCTV di tiap minimarket Alfamart.



Sumber: BeritaSatu.com