Keributan Antar Suporter, 3 Mobil Dirusak

Keributan Antar Suporter, 3 Mobil Dirusak
Aparat kepolisian berjaga-jaga di lokasi Kafe Komandan, Tebet, Jakarta Selatan. ( Foto: ist )
Bayu Marhaenjati / YUD Rabu, 7 Agustus 2019 | 06:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Sekelompok orang yang melakukan penyerangan terhadap pendukung PSM Makassar yang sedang nonton bareng laga final Piala Indonesia, di Kafe Komandan, Tebet, Jakarta Selatan, diduga oknum suporter Persija Jakarta, Selasa (6/8/2019) malam.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Polisi Indra Jafar mengatakan, pada saat kejadian Kafe Komandan memang sedang menggelar nonton bareng laga Final Leg Kedua Piala Indonesia antara PSM Makassar versus Persija Jakarta.

"Kafe Komandan ini dijadikan untuk nonton bareng khususnya suporter PSM. Memang mereka tidak melaporkan kepada kita (surat pemberitahuan), tetapi dari pihak kepolisian sudah melakukan antisipasi melakukan penjagaan di tempat itu. Namun karena memang tempatnya terbuka, ketika selesai pertandingan dan PSM menang, dari pihak suporter PSM di dalam akhirnya berjoget-joget. Dan ada diduga dari suporter Persija melintas, itu melihat dan melakukan pelemparan," ujar Indra, Selasa (6/8/2019).

Dikatakan Indra, petugas kepolisian mencoba menghalau karena dari seberang jalan juga ada yang ikut melempar, seperti terlihat di dalam rekaman video yang beredar di media sosial.

"Kemudian, kepolisian melakukan langkah-langkah memberikan tembakan gas air mata agar kelompok tersebut bisa membubarkan diri. Setelah pergi, suporter PSM sempat maju, keluar, sehingga itu memancing daripada suporter yang melintas. Setelah itu kita imbau untuk masuk ke dalam. Sempat terjadi pelemparan (lagi), tapi dari warga sekitar, RW sekitar justru mencoba membantu petugas agar situasi bisa lebih kondusif," ungkap Indra.

Indra menyampaikan, setelah situasi kondusif, polisi kemudian melakukan evakuasi terhadap pendukung PSM Makassar yang berasa di dalam kafe.

"Alhamdulillah, setelah kondusif kita coba lakukan langkah-langkah dan evakuasi para suporter tersebut," katanya.

Berdasarkan informasi, dua mobil patroli dirusak massa, dan sebuah mobil milik pengunjung kafe mengalami pecah kaca.



Sumber: BeritaSatu.com