Polres Bogor Bekuk Residivis Curanmor di Wilayah Jabodetebek

Polres Bogor Bekuk Residivis Curanmor di Wilayah Jabodetebek
Ilustrasi penangkapan ( Foto: istimewa )
Vento Saudale / CAH Selasa, 15 Oktober 2019 | 15:39 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Polres Bogor berhasil membekuk tiga pelaku spesialis pencurian sepeda motor (curanmor) yang beroperasi di wilayah Jabodetabek. Berdasarkan pemeriksan, para pelaku telah melakukan ratusan curanmor dan dalam setiap aksinya para pelaku kerap dipersenjatai senjata tajam dan senjata api.

Para tersangka asal Lampung itu berinisial IS, IN, dan JNL. Penangkapan dua tersangka d antaranya diberikan tembakan terukur guna melumpuhkan saat melakukan perlawanan.

Kapolres Bogor, Ajun Komisaris Besar M Joni menjelaskan, komplotan ini merupakan residivis yang kerap beraksi di wilayah Jabodetabek. Para pelaku juga tidak segan melukai siapa pun yang coba menghalangi aksi mereka dengan senjata api dan samurai.

Para tersangka, lanjur Joni, diketahui indekos di kawasan Kelurahan Nanggewer, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Saat akan ditangkap pada 13 Oktober lalu, mereka sempat melawan hingga dua orang harus dilumpuhkan dengan timah panas pada bagian kaki.

"Mereka ini beraksi pada hari Senin hingga Kamis. Sementara dari Jumat sampai Minggu mereka pulang ke Lampung. Saat penangkapan juga melakukan perlawanan sehingga kita lakukan tindakan tegas terhadap para pelaku," kata Joni di Mapolres Bogor, Selasa (15/10/2019).

Polres Bogor saat ini masih lakukan pengembangan terhadap penadah hasil curian komplotan ini, yang diduga ada di luar Bogor, dengan bekerja sama dengan kepolisian daerah lain.

"Untuk senjata api juga masih kami kembangkan. Kami belum tau ini didapatkan dari mana dari dekat rumahnya di Lampung atau dari mana,” ungkap kapolres.

Sementara Kasat Reskrim Polres Bogor, Ajun Komisaris Benny Cahyadi menjelaskan, dalam melakukan aksinya komplotan ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik.

"Cuma perlu beberapa detik aja. Pakai kunci letter T. Kita masih kejar penadahnya. Karena mereka ini pemain lama," kata Benny.

Benny mengungkapkan, salah satu pelaku yang berhasil ditangkap, belum lama ini beraksi di kawasan Kemang, Kabupaten Bogor. "Iya salah satunya itu. Dia bawa pistol di Kemang itu kan. Saat mau ditangkap juga melawan jadi kita lumpuhkan," ungkap Benny.

Dari hasil pengungkapan kasus tersebut telah diamankan satu pucuk senpi rakitan jenis revolver, tiga butir peluru, dua kunci magnet, satu obeng, satu kunci L, satu tang, dua buah gagang kunci leter T, dua kunci kontak sepeda motor, satu samurai, dan delapan sepeda motor berbagai merek.



Sumber: BeritaSatu.com