Pelaku Penipuan Rekrutmen Pilot Ditangkap

Pelaku Penipuan Rekrutmen Pilot Ditangkap
Ilustrasi pilot ( Foto: Istimewa )
Bayu Marhaenjati / YUD Selasa, 19 November 2019 | 19:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Polresta Bandara Soekarno-Hatta, mengamankan seseorang berinisial AMA, pelaku penipuan dengan modus bisa membantu korban diterima kerja menjadi pilot di salah satu maskapai nasional. Korban MNS (21), mengalami kerugian sebesar Rp 20 juta.

Kasat Reskrim Polres Bandara Soekarno-Hatta AKP Alexander Yurikho mengatakan, kasus penipuan itu bermula ketika korban berkenalan dengan pelaku AMA yang mengaku bekerja di PT Garuda Indonesia, tanggal 5 November 2019. Korban kemudian berkomunikasi dengan tersangka agar dipekerjakan sebagai pilot.

Alex menambahkan, korban selanjutnya bertemu dengan pelaku di area perkantoran GSO Bandara Soekarno-Hatta, tanggal 8 November.

"Pelapor menyerahkan dokumen untuk melamar pekerjaan dan mentransfer uang melalui ATM BCA ke rekening atas nama AMA sebesar Rp 20 juta," ujar Alexander, Selasa (19/11/2019).

Alexander menuturkan, korban dan pelaku kembali bertemu untuk membuat surat perjanjian sekitar pukul 14.00 WIB, tanggal 13 November.

"Selanjutnya, karena ada rasa curiga pelapor menanyakan status kerja terlapor ke PT Garuda Indonesia. Pelapor kemudian mendapatkan informasi dari manajemen PT Garuda Indonesia tidak ada karyawan bernama AMA," katanya.

Sejurus kemudian, korban membuat laporan terkait dugaan penipuan ke Polresta Bandara Soekarno-Hatta dengan nomor laporan polisi LP/94/XI/ 2019/Resta BSH, tanggal 14 November 2019, tentang tindak penipuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUHPidana.

"Motifnya terlapor menjanjikan bisa menjadikan pilot. Kami sudah menetapkannya sebagai tersangka dan melakukan penahanan," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com