Polisi Ringkus 91 WN Tiongkok di Tujuh Lokasi

Polisi Ringkus 91 WN Tiongkok di Tujuh Lokasi
Polda Metro Jaya berhasil menangkap 91 orang WNA asal Tiongkok dalam kasus penipuan online di tujuh lokasi berbeda di Jakarta. ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Selasa, 26 November 2019 | 16:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Polda Metro Jaya berhasil menangkap 91 orang WNA asal Tiongkok dalam kasus penipuan online di tujuh lokasi berbeda di Jakarta.

"Kita melakukan penangkapan 91 orang di tujuh lokasi, dari tujuh lokasi itu enam lokasi kita dapat barbuk berupa hp, komputer, laptop. Dan pada satu titik di daerah kembangan kita hanya temukan barbuk saja," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Gatot menyampaikan penindakan dilakukan berdasarkan informasi yang diterima dari pihak kedutaan dan polisi Tiongkok.

"Kita melakukan penindakan karena dua minggu lalu mendapat info dari teman-teman polisi China dan Kedubes China bahwa di Indonesia ada tindakan atau pelaku kejahatan WNA China yang korbannya ada di China," ujar Gatot.

Dalam melakukan modusnya kelompok ini berpura-pura berperan sebagai Polisi, Jaksa dan juga Banker. Mereka sudah mengetahui latar belakang korban dan mengiming-imingi dapat menangani masalah yang sedang dialami korban.

"Modusnya mereka seolah-olah menjadi seorang Polisi, Jaksa, Banker yang korbannya ada di China, mereka tahu siapa korbannya-korbannya. Korbannya punya masalah dan membayar kepada kelompok ini. Uangnya diambil, mereka menghilang," jelas Gatot.

Menurut Gatot, ada perbedaan penipuan kali ini dengan sebelumnya, yaitu pada penipuan sebelumnya WN Tiongkok hanya mengaku-ngaku sebagai Polisi atau Jaksa, namun kali ini ada yang berperan sebagai Banker.

"Bahkan ketika mereka menjadi banker mereka menawarkan investasi di China transaksi juga di China, hanya saja mereka bekerja dari sini (Jakarta)," tutur Gatot.



Sumber: BeritaSatu TV