Polisi Siap Gelar Perkara Kasus Meme Anies

Polisi Siap Gelar Perkara Kasus Meme Anies
Fahira Idris saat berada di Polda Metro Jaya. (Foto: Beritasatu.com/Bayu Marhaenjati)
Bayu Marhaenjati / CAH Senin, 9 Desember 2019 | 18:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penyidik Polda Metro Jaya, tengah menyiapkan gelar perkara terkait kasus gambar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mirip badut atau Joker yang diunggah Ade Armando, ke media sosial.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan, penyidik sudah memeriksa pelapor Fahira Idris, memeriksa saksi, termasuk meminta keterangan Ade Armando selaku terlapor.

"Sekarang ini persiapan untuk dilaksanakan gelar perkara. Iya gelar awal untuk mengetahui masuk nggak unsur-unsur di Pasal 32 Undang-undang ITE sesuai persangkaanya," ujar Yusri, di Mapolda Metro Jaya, Senin (9/12/2019).

Menyoal apakah akan memeriksa saksi ahli, Yusri menyampaikan, nanti setelah gelar perkara dan apabila kasusnya masuk ke dalam unsur Pasal 32 UU ITE, maka akan berkembang ke pemeriksaan saksi ahli.

"Ya kita gelarkan dulu semuanya, apakah unsur-unsurnya masuk di Pasal 32 Undang-undang ITE itu. Nanti setelah itu baru berkembang, nanti kita akan panggil lagi saksi-saksi ahli di bidang bahasa, di bidang dunia cyber," ungkapnya.

Sebelumnya diketahui, Fahira Idris melaporkan Ade Armando terkait unggahan gambar atau meme Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mirip badut atau Joker, di media sosial Facebook.

Laporan Fahira tercatat dengan nomor laporan LP/7057/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus, terkait dugaan pelanggaran Pasal 32 ayat 1 juncto Pasal 48 ayat 1 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.



Sumber: BeritaSatu.com