Menyesal, Pelaku Persekusi Anggota Banser Minta Maaf

Menyesal, Pelaku Persekusi Anggota Banser Minta Maaf
Tersangka HA (baju hitam), menyampaikan permintaan maaf kepada Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Jakarta Selatan M Anwar, di Mapolres Metro Jakarta Selatan, 12 Des. 2019. (Foto: Beritasatu / Bayu Marhaenjati)
Bayu Marhaenjati / HA Jumat, 13 Desember 2019 | 00:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tersangka HA mengaku menyesal dan meminta maaf lantaran telah melakukan tindakan persekusi terhadap dua anggota Banser NU, ES dan W, di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan.

"Saya mau memohon maaf kepada masyarakat semua atas tindakan saya yang terjadi. Saya menyesali atas kekhilafan tersebut karena difaktori keadaan emosi. Permintaan maaf saya kepada masyarakat, kepada NU dan ulama. Kepada GP Ansor saya minta maaf," ujar HA di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kamis (12/12/2019).

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Jakarta Selatan M Anwar, menyampaikan apresiasi kepada Polres Metro Jakarta Selatan karena telah merespons laporannya dengan cepat dengan menangkap HA.

"Kami dari pimpinan cabang Gerakan Pemuda Ansor Jakarta Selatan berterima kasih kepada Polres Metro Jakarta Selayan, yang telah bergerak cepat merespons laporan kami dan langsung melakukan penangkapan pada sore tadi. Alhamdulillah pelaku sudah diamankan dan sudah dimintai keterangan langsung," kata Anwar.

Anwar berharap, kejadian persekusi ini bisa menjadi pelajaran bersama bagi semua pihak.

"Kami berharap kejadian ini bisa menjadi pelajaran untuk kita semua. Dan, alhamdulillah teman-teman Ansor, teman-teman Banser tetap sabar dan tetap melakukan tindakan sesuai koridor hukum, tidak ada tindakan anarkis atau reaktif seperti yang dilakukan pelaku," ungkapnya.

"Ya mungkin karena tadi alasannya karena bersenggolan, tapi berdasarkan pengakuan korban kemarin tidak ada. Makanya saya baru dengar dari beliau, dari pelaku. Ya semoga ini menjadi pelajaran bersama, apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru kita sama-sama menjaga kondusifitas lingkungan kita, semoga ke depan kita bisa lebih kompak, lebih solid, saling bahu membahu, bersatu sesama muslim khususnya, masyarakat Indonesia pada umumnya," tambahnya.

Anwar mengimbau agar peristiwa seperti itu tidak terulang kembali. "Apresiasi setinggi-tingginya kepada Polres Metro Jakarta Selatan, kami tidak bisa mengucapkan apa-apa hanya bisa terima kasih, dan semoga kejadian ini tidak terulang kembali," tandasnya.

Sebelumnya diketahui, Polres Metro Jakarta Selatan menangkap tersangka HA, pelaku persekusi terhadap anggota Banser NU, di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, Kamis sore. Kepada polisi HA mengaku emosi karena sepeda motornya bersenggolan dengan korban, sehingga melakukan tindakan persekusi.



Sumber: BeritaSatu.com