Polres Bogor Bekuk Dua Pencuri Modus Ganjal Mesin ATM

Polres Bogor Bekuk Dua Pencuri Modus Ganjal Mesin ATM
Dua pelaku pencurian rekening bank dengan modus ganjal kartu ATM diamankan di Mapolsek Babakan Madang, Selasa, 28 Januari 2020. ( Foto: Beritasatu.com/Vento Saudale )
Vento Saudale / CAH Rabu, 29 Januari 2020 | 08:48 WIB

Bogor, Beritasatu.com – Polres Bogor mengamankan dua pelaku pencurian rekening bank melalui modus ganjal kartu di mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Adapun modus dua tersangka berinisial A dan S mengganjal mesin ATM dengan menggunakan tusuk gigi.

Kedua pelaku ditangkap di rest Area Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Selasa (28/1/2020). Kasubag Humas Polres Bogor Ajun Komisaris Ita Puspita Lena menuturkan, polisi pun terpaksa melepaskan tembakan pada kaki kedua pelaku karena mencoba kabur saat akan ditangkap.

“Terpaksa kita lumpuhkan. Karena mau kabur saat akan ditangkap. Polisi juga menyita beberapa kartu ATM, obeng, untuk menjalankan aksinya,” Ita mengkonfirmasi, Rabu (29/1/2020).

Ita menjelaskan, penangkapan dua tersangka berdasarkan laporan korban yang kehilangan sejumlah uang sekitar Rp40 juta usai melakukan transaksi di mesin ATM di kawasan Sentul.

Modus kedua pelaku, lanjut Ita, yakni dengan mengganjal mesin ATM dengan tusuk gigi dan pelat besi yang sudah dipersiapkan, sehingga menyulitkan calon korban yang ingin bertransaksi di ATM.

“Saat melihat korban mulai kesulitan, salah satu pelaku datang dan coba memberi bantuan dan meminta si korban menekan nomor pin korban dan kemudian pelaku meninggalkan korban saat pelaku sudah hapal nomor pinnya,” papar Ita.

Setelah korban juga pergi dari mesin ATM, pelaku lalu menguras uang korban. Merasa uang tabungannya diambil pelaku, kata dia, korban melaporkan kejadian itu ke Polsek Babakan Madang.

“Kami langsung melakukan penangkapan pelaku dengan modal rekaman CCTV, saat mereka berdua hendak melakukan aksinya di rest area Sentul langsung menangkapnya,” tambah Ita.

Dua pelaku pun saat ini masih dilakukan pemeriksaan guna mengetahui jaringan pencuri dengan modus ganjal ATM dan para pelaku dikenakan Pasal 363 ayat 4 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama tujuh tahun.



Sumber: BeritaSatu.com