Polres Bogor Amankan Pembuat Konten Video Hoaks Corona

Polres Bogor Amankan Pembuat Konten Video Hoaks Corona
ilustrasi ( Foto: istimewa )
Vento Saudale / CAH Jumat, 3 April 2020 | 18:47 WIB

Bogor, Beritasatu.com - Polres Bogor menangkap U yang diduga menyebarkan informasi bohong atau hoaks terkait virus corona melalui video di instagram. Kasat Reskrim Ajun Komisaris Benny Cahyadi dalam keterangannya mengatakan, tersangka U menyebarkan informasi hoaks tentang virus corona melalui media sosial instagram.

Video dengan durasi 48 detik yang berjudul “Pembunuhan Massal Berkedok Virus corona”, telah disaksikan sebanyak 1.574 kali serta di komentari oleh 31 akun.

Kata Benny, tersangka U berusia 58 tahun ditangkap oleh personel Sat Reskrim Polres Bogor, di daerah Pamijahan Kabupaten Bogor pada Minggu 22 Maret 2020 lalu. Polisi mengamankan barang bukti berupa dua unit telepon seluler dan satu unit flashdisk yang berisikan konten Hoaks.

Terhadap Tersangka dikenakan pasal 14 dan/atau pasal 15 Undang-Undang Nomor 01 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Yang berbunyi Barang siapa dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat (Pasal 14), dan atau dalam (Pasal 15) yang berbunyi Barang siapa menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan atau yang tidak lengkap, sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut dapat menduga, bahwa kabar demikian akan atau mudah dapat menerbitkan keonaran dikalangan rakyat.

"Ancaman hukuman terhadap tersangka U adalah pidana penjara diatas tiga tahun”, kata Benny, Jumat (3/4/2020).

Terkait adanya video hoaks tersebut sangat disesalkan disaat masyarakat dihadapi masalah merebaknya virus corona. Apalagi Kabupaten Bogor termasuk daerah zona merah virus corona di Jawa Barat.

Adanya video hoaks tersebut tentu memperkeruh keadaan, mengingat aparat termasuk polisi berupaya bersama sama melakukan pencegahan di tengah masyarakat.

 



Sumber: BeritaSatu.com