Belasan Tahanan Mapolsek Bekasi Kota Kabur

Belasan Tahanan Mapolsek Bekasi Kota Kabur
Ilustrasi tahanan kabur (Foto: Ist)
Mikael Niman / CAH Senin, 13 April 2020 | 22:00 WIB

Bekasi, Beritasatu.com - Kepolisian Metro Bekasi Kota masih bungkam terkait kaburnya belasan tahanan narkoba, pencurian dengan pemberatan (curat) dan kasus penganiayaan dari sel Mapolsek Bekasi Kota, Minggu (12/4/2020) sekitar pukul 12.30 WIB.

Kaburnya sebanyak 16 tahanan dari Mapolsek Bekasi Barat, setelah tiga di antaranya tertangkap warga sekitar pada sore harinya. Bahkan, video penangkapan tahanan oleh masyarakat sekitar sempat viral di media sosial.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, mengatakan agar pimpinan kepolisian setempat untuk menjelaskan kejadian tersebut dan berharap kaburnya tahanan tak terulang lagi di wilayah hukum Polrestro Bekasi Kota.

“Agar kasus serupa tidak terulang dan Kapolres harus memberikan penjelasan kepada masyarakat,” ujar Neta kepada wartawan, Senin (13/4/2020).

Baca JugaNapi Buat Onar Setelah Dibebaskan, Polri Dinilai Akan Ambil Tindakan

Berdasarkan informasi yang beredar, kata dia, sebanyak 16 tahanan kabur dengan cara menjebol jeruji besi yang dindingnya sudah rapuh. Kejadian bermula, saat tahanan ini dilakukan penjemuran sinar matahari pagi di area Mapolsek Bekasi Kota. Berjemur ini bertujuan untuk menangkal penyebaran virus corona (Covid-19).

Usai penjemuran, petugas memasukkan kembali para tahanan ke dalam sel. Namun, petugas tidak mengunci pintu sel tahanan utama, hanya mengunci dari pintu pengunjung tahanan yang dinding temboknya sudah rapuh. Para tahanan kabur dengan cara menjebol jeruji besi dari pintu pengunjung tahanan.

“Harus ada yang bertanggungjawab atas kaburnya tahanan tersebut,” tuturnya.

Tiga tahanan yang kabur telah ditangkap oleh warga sekitar, diserahkan ke Mapolsek Bekasi Kota. Hingga kini, Kepolisian masih memburu tahanan lain yang masih berkeliaran di wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya



Sumber: BeritaSatu.com