Polisi Tangkap Pelaku Kasus Pencemaran Nama Baik Terhadap Basuki

Polisi Tangkap Pelaku Kasus Pencemaran Nama Baik Terhadap Basuki
Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus (Foto: istimewa)
Bayu Marhaenjati / CAH Kamis, 30 Juli 2020 | 16:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Polda Metro Jaya, telah menangkap pelaku kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, di media sosial.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengatakan, satu orang pelaku sudah ditangkap di daerah Bali. Sementara, satu orang lagi sedang dilakukan penangkapan, di Medan, Sumatera Utara.

"Jadi kita sudah kita amankan seseorang dari Bali. Tetapi masih ada, karena ini satu komunitas sebenarnya. Sekarang mudah-mudahan ini sudah kita lakukan pengejaran di Sumut," ujar Yusri, Kamis (30/7/2020).

Menyoal apakah pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka, Yusri menuturkan, setelah pemeriksaan nanti akan diputuskan menjadi tersangka.

Baca Juga: Basuki Tjahaja Purnama Laporkan Dugaan Pencemaran Nama Baik

"Tersangka lah nanti. Pasal dipersangkakan Pasal 27 (UU ITE) sangat ringan, sehingga tidak dilakukan penahanan, tapi masih dilakukan pemeriksaan. Yang satu sementara kita ambil di Medan, tim sudah berangkat ke sana," ungkapnya.

Yusri menyampaikan, Basuki melalui pengacaranya membuat laporan terkait dugaan pencemaran nama baik di media sosial, karena menyinggung nama orang tua dan istrinya.

"Menyebutkan satu berita-berita ini di dalam akun, menyinggung orangtuanya dan istrinya kemudian dilaporkan ke sini. Nanti saya tanyakan lagi, sementara masih pemeriksaan," katanya.

Sebelumnya, Basuki melalui kuasa hukumnya membuat laporan terkait kasus dugaan pencemaran nama baik lewat media elektronik, ke Mapolda Metro Jaya. Aduan Basuki tercatat dengan nomor laporan polisi: LP/2885/V/YAN.2.5/2020/SPKT, tertanggal 17 Mei 2020 yang lalu.



Sumber: BeritaSatu.com