PPAT Harus Tingkatkan Profesionalisme

PPAT Harus Tingkatkan Profesionalisme
Ketua Umum Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT), Sri Rachma Chandrawati ( Foto: Istimewa )
Yeremia Sukoyo / YUD Jumat, 10 Oktober 2014 | 23:57 WIB

Jakarta - Ketua Umum Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT), Sri Rachma Chandrawati mengajak para Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang tergabung dalam IPPAT untuk menguatkan komitmen dan profesionalisme dalam menjalankan jabatannya.

"Kita harus tetap solid, terlebih dalam menghadapi era globalisasi, PPAT diajak dan dituntut untuk lebih profesional dalam menjalankan jabatannya," kata Rachma dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/10).

Dirinya berharap PPAT dapat menjadi jabatan yang memberikan kontribusi besar bagi pembangunan nasional. Terlebih, dalam pemerintahan baru Jokowi-JK.

"Menjadi profesional dalam suatu profesi adalah tuntutan yang akhirnya mampu meningkatkan kualitas keprofesian yang kita miliki, oleh karena itu mari kita tunjukan kinerja terbaik dengan penuh dedikasi ," ujarnya.

Sebelumnya, dalam Rapat Kerja Nasional Pra Kongres IPPAT yang dihadiri oleh seluruh jajaran pengurus IPPAT dari seluruh Indonesia tersebut, dijelaskan bahwa dengan peningkatan profesionalisme PPAT, dapat berimbas pada meningkatnya perekonomian Indonesia.

"Sebagai contohnya jika kita dapat mempermudah akses UKM, petani maupun nelayan dalam mendapatkan sertifikat tanah secara sah, sertifikat tersebut dapat mereka gunakan untuk jaminan modal usaha, yang pada akhirnya tentu akan meningkatkan perekonomian Indonesia," ujar Rachma yang telah menjabat sebagai Ketua Umum IPPAT selama 2 periode tersebut.

Hal ini akan sejalan dengan visi dan misi pasangan Jokowi JK yang memikirkan kemakmuran rakyat. Oleh karena itu Rachma juga mengajak pengurus maupun anggota PPAT seluruh Indonesia untuk melakukan revolusi mental.

"Agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik tentu harus dimulai dari diri kita sendiri, maka disini saya mengajak seluuruh pengurus PPAT seluruh indonesia agar mulai dari diri sendiri untuk melakukan revolusi mental," ujarnya.

Ketua Bidang Diklat dan Ketua Pengurus Wilayah PPAT Jawa Tengah, Hari Bagyo, menyebutkan IPPAT senantiasa mendorong anggotanya untuk menjalankan profesinya secara profesional dan proporsional, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

"Kami juga mengapresiasi upaya transparansi yang dilakukan oleh pemerintah, dimana kini sudah mulai ada sistem terkomputerisasi sehingga dengan berkurangnya birokrasi, hal tersebut tentu memudahkan masyarakat," ucapnya.

Sumber: PR, Suara Pembaruan