Mucikari Artis Divonis 1 Tahun 4 Bulan, Pengacara Pelajari Putusan Hakim

Mucikari Artis Divonis 1 Tahun 4 Bulan, Pengacara Pelajari Putusan Hakim
Terdakwa mucikari artis Robby Abbas alias RA (tengah) dikawal menuju ruang sidang dalam kasus prostitusi dikalangan artis dengan agenda pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, 26 Oktober 2015. ( Foto: Antara/Indriarto Eko Suwarso )
Bayu Marhaenjati / HS Senin, 26 Oktober 2015 | 23:37 WIB

Jakarta - Kuasa hukum Robbie Abbas, Pieter Ell mengatakan, pihaknya masih memikirkan vonis 1 tahun 4 bulan yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, terhadap kliennya.

"Kami masih pikir-pikir apakah sudah sesuai ketentuan. Kami diberikan waktu tujuh hari untuk pikir-pikir," ujar Pieter, usai sidang vonis Robbie di PN Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (26/10).

Pieter menyampaikan, pihaknya mempelajari terlebih dahulu putusan hakim. "Kami masih pikir-pikir, kami masih pelajari dulu. Ada perbedaan fakta yang direkam sama kami dengan pertimbangan (hakim)," ungkapnya.

Ia menyampaikan, Robbie tidak mempunyai inisiatif "menjajakan" artis. Namun, inisiatif itu datang dari user atau pria hidung belang. "Robbie didatangi untuk mencarikan artis. Bukan inisiatifnya. Awalnya diminta artis lain inisial BZ, tidak terungkap itu. Robbie kan sifatnya pasif dia didatangi. Jadi kami pikir-pikir, berkas putusan akan kami cermati. Kami juga masih uji di MK Pasal 296 itu hanya menjerat mucikari. PSK dan user-nya tidak. Kami sudah daftar, nanti kami buka semua," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Hakim Effendi Muchtar, memvonis Robbie dengan hukuman 1 tahun 4 bulan dikurangi masa tahanan. Robbie didakwa melanggar Pasal 296 KUHP, yaitu barang siapa mempermudah perbuatan cabul dari orang lain kepada orang lain sebagai mata pencarian.