Siap Dirilis, KPU Teliti Lagi Nama Caleg Eks Koruptor

Siap Dirilis, KPU Teliti Lagi Nama Caleg Eks Koruptor
Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Rabu, 30 Januari 2019 | 19:17 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan bakal mengumumkan caleg mantan narapidana koruptor kepada masyarakat.

Namun, KPU masih perlu melakukan verifikasi ulang terhadap nama-nama caleg tersebut guna menghindari kekeliruan di kemudian hari.

"Belum diumumkan, kita masih periksa ulang nama-nama caleg yang terindikasi mantan napi koruptor karena KPU harus hati-hati dalam merilis nama agar tidak salah," kata Komisioner KPU RI Pramono Ubaid Tanthowi di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (30/1).

Pramono mengatakan, langkah KPU itu untuk memastikan sejumlah nama caleg eks koruptor peserta Pileg 2019 benar-benar valid.

"Kalau kami salah dalam merilis nama lalu menimbulkan gugatan maka itu akan merepotkan. Hingga saat ini kami masih memeriksa untuk memastikan nama-nama itu benar," tambahnya.

KPU RI juga meminta informasi terkait kepada elemen masyarakat sipil untuk mencocokan data KPU dengan yang mereka miliki. Sehingga keselarasan data bisa lebih dipastikan lagi ke absahannya.

"Dokumen-dokumen ada di teman-teman KPUD, mereka melakukan verifikasi faktual terkait dokumennya, mereka yang punya dokumennya dan cek ke pengadilan setempat. Jadi kita betul-betul ingin memastikannya," ucapnya.



Sumber: BeritaSatu TV