Pemeriksaan Ketua Umum PA 212 Dialihkan ke Polda Jateng

Pemeriksaan Ketua Umum PA 212 Dialihkan ke Polda Jateng
Ilustrasi. ( Foto: ist )
Farouk Arnaz / WBP Senin, 11 Februari 2019 | 15:17 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Polisi memindahkan lokasi pemeriksaan Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Maarif yang dipanggil Polresta Surakarta sebagai tersangka ke Polda Jateng.

“Untuk dilakukan pemeriksaan di Polda Jateng oleh tim gabungan Polresta Surakarta dengan Polda Jateng. Baru tahap pemanggilan dan meminta klarifikasi atas peristiwa tersebut,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Senin (11/2).

Dia mengatakan, Polri tidak bekerja sendiri, tapi berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di dalam payung Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). Di dalamnya ada Polri, Kejaksaan, dan Bawaslu karena ini ada kaiatan dengan pemilu.

“Semua ini proses hukum. Kita menjunjung persamaan di mata hukum. Kita juga mengedepankan asas praduga tak bersalah. Warga negara berhak menyampaikan keberatannya asal tetap dalam koridor hukum,” urai Dedi.

Seperti diberitakan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu akan dipanggil Rabu (13/2) pukul 10.00 WIB. Slamet disangka melakukan tindak pidana pemilu karena melakukan kampanye di luar jadwal yang ditetapkan KPU, KPU provinsi dan kabupaten/kota sebagaimana diatur dalam Pasal 280 ayat (1).

Sebelumnya Slamet telah diperiksa sebagai saksi pada Kamis (7/2) di Mapolresta Surakarta. Kampanye yang berbuntut masalah itu adalah ceramahnya di acara tablig akbar 212 Solo Raya.

Dalam acara yang berlangsung pada 13 Januari 2019 di Gladak, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo itu tim kampanye Joko Widodo-Ma'ruf Amin setempat kemudian melaporkan Slamet ke Bawaslu Solo. Mereka menilai Slamet telah mengucapkan hal-hal bermuatan kampanye untuk pasangan capres nomor 02.

Bawaslu lantas memproses laporan dengan memeriksa saksi. Bawaslu kemudian menyimpulkan bahwa kasus Slamet tergolong dalam ranah pidana pemilu yang kemudian dilimpahkan ke Polres Surakarta.



Sumber: BeritaSatu.com