Satgas Tangkap 4 Tersangka Pembakar Lahan di Riau

Satgas Tangkap 4 Tersangka Pembakar Lahan di Riau
Sejumlah petugas gabungan memadamkan api yang membakar hutan dan lahan di kecamatan Dumai Barat, Dumai, 12 Februari 2019. ( Foto: Antara / Aswaddy Hamid )
Aichi Halik / AHL Senin, 25 Februari 2019 | 20:26 WIB

Pekanbaru, Beritasatu.com - Satgas penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan di Riau mengamankan empat tersangka yang diduga melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Komandan Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau, Brigjen TNI Mohammad Fadjar menyatakan, dua tersangka dititipkan di rumah tahanan Polri di Meranti dan Dumai.

Sementara itu, satu tersangka sudah diserahkan ke kejaksaan dan satu orang lagi baru tertangkap oleh jajaran Polres Bengkalis.

"Dari beberapa kasus kebakaran yang terjadi sudah diamankan empat orang tersangka yang merupakan pelaku pembakaran lahan," kata Fadjar di Pekanbaru, Riau, Senin (25/2/2019).

Menurut Fadjar, satgas terus melakukan upaya penegakan hukum di wilayah kebakaran di Provinsi Riau guna mencegah meluasnya karhutla.

"Kami sedang meneliti yang lainnya, namun kami tidak bekerja sendiri. Kami membantu sebagai tindakan preventif supaya tidak terjadi kebakaran dan menghindari orang untuk ditangkap dan menjadi tersangka," ujar Fadjar.

Hingga Senin siang, kebakaran hutan dan lahan di Riau semakin parah. Saat ini luas lahan terbakar mencapai 996,41 hektare. Kebakaran meluas di Kelurahan Pergam Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau sekitar 20 hektare.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, rekapitulasi luas lahan terbakar di beberapa daerah Riau sejak awal Januari hingga saat ini paling luas di Bengkalis yaitu 742,5 hektare.

Di Rokan Hilir 118 hektare, Dumai 53 hektare, Kepulauan Meranti 20,4 hektare, Pekanbaru 17,51 hektare, Siak 30 hektare serta Kampar 15 hektare.



Sumber: BeritaSatu TV