Polri Jamin 22 Mei Aman dan Kondusif

Polri Jamin 22 Mei Aman dan Kondusif
Ilustrasi polisi. ( Foto: BeritaSatu Photo/Danung Arifin )
Farouk Arnaz / JAS Kamis, 16 Mei 2019 | 22:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com — Mabes Polri menyatakan jika kondisi keamanan saat ini relatif aman dan kondusif di seluruh Indonesia. Korps baju cokelat itu meminta masyarakat tidak percaya info liar bernada provokasi terkait akan adanya kerusuhan pada pengumuman Pilpres 22 Mei 2019 nanti.

“Berbagai info di medsos kita tidak boleh terlalu percaya. Namun prinsip institusi kepolisian itu selalu tidak boleh menganggap remeh. Kita ada petugas patroli siber yang tugasnya melakukan profiling, mengidentifikasi siapa yang menyebar konten ini, motifnya apa,” kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri Kamis (16/5/2019).

Mabes Polri, menurut Iqbal, sudah menyiapkan berbagai kemungkinan kontijensi atau darurat. Namun sampai saat ini, sampai hari ini semua unjuk rasa dan penyampaian pendapat di muka umum dalam isu pemilu dinilai masih berlangsung tertib.

“Juga mengusung isu tidak percaya KPU, pemilu curang dan lain-lain masih dalam taraf aman, relatif aman. Kami yakin dan percaya, kelompok mana pun akan menghormati hukum di negara ini. Prinsipnya kami melakukan upaya persuasif maksimal,” sambungnya tanpa mengidentifikasi kelompok yang dimaksud.

Yang penting polisi tak lelah menyampaikan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Apa saja koridor dalam penyampaian pendapat. Tetapi siapa pun, kelompok mana pun, ada yang melakukan upaya-upaya melanggar hukum, anarkis, tentunya ada mekanisme yang diambil polisi di lapangan.

“Makanya kita jamin tanggal 22 (Mei) aman. Kita berdoa ke hadirat Allah bahwa semua masyarakat yang ingin menyampaikan pendapat, menyampaikan apapun isi hatinya, tetap dalam koridor undang-undang atau hukum. Bahwa penyampaian pendapat di muka umum itu tidak absolut dan seenaknya,” tegasnya.

Ada batasan dan harus menghormati hak asasi orang serta memperhatikan persatuan dan kesatuan bangsa. Polisi didukung oleh TNI meyakinkan semua wilayah NKRI aman.



Sumber: BeritaSatu.com