Lowongan Pimpinan KPK Dibuka 17 Juni, ini Syarat Berkasnya

Lowongan Pimpinan KPK Dibuka 17 Juni, ini Syarat Berkasnya
Presiden Joko Widodo (tengah), didampingi Menkopolhukam Wiranto (dua kanan) menyalami pimpinan KPK saat peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2018 dan konfrensi Nasional Pemberantasan Korupsi yang diadakan di Jakarta, 4 Desember 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Joanito De Saojoao )
Robertus Wardi / HA Senin, 20 Mei 2019 | 20:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com  - Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai membuka pendaftaran pada tanggal 17 Juni mendatang. Pendaftaran akan berakhir tanggal 4 Juli.

"Pendaftaran dilakukan pukul 09.00-16.00 WIB. Berkas disampaikan ke Sekretariat Pansel di Kementerian Sekretariat Negara, Gedung I, lantai 2‎ Jln Veteran No. 18, Jakarta Pusat," kata Ketua Pansel Yenti Garnasih di Jakarta, Senin (20/5/2019).

Ia menjelaskan pendaftaran juga bisa melalui pos dan dikirim ke alamat Pansel. Selain itu, bisa juga lewat email Pansel yaitu panselkpk2019@setneg.go.id.

Berikut adalah persyaratan yang harus disiapkan para Capim:

1. Surat lamaran dibuat di atas kertas bermeterai cukup (Rp. 6.000)
2. Daftar Riwayat Hidup
3. Pas foto berwarna terbaru tiga lembar ukuran (4x6).
4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
5. Fotokopi NPWP.
6. Fotokopi Ijazah Sl, S2, dan atau S3 yang dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang bersangkutan untuk lulusan dalam negeri, atau instansi yang berwenang bagi lulusan luar negeri.
7. Surat pernyataan mempunyai pengalaman di bidang hukum, ekonomi, keuangan, atau perbankan sekurang-kurangnya 15 (lima belas) tahun dengan menyebutkan instansi-instansi tempat bekerja, dibuat di atas kertas bermaterai Rp 6.000
8. Surat Keterangan sehat jasmani dan rohani dari dokter pada Rumah Sakit Pemerintah.
9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian asli dan masih berlaku.
10. Surat Pernyataan di atas kertas bermeterai Rp 6.000 dan bertanggal yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak menjadi pengurus salah satu partai politik.
11. Surat Pernyataan di atas kertas bermeterai Rp 6.000 dan bertanggal, bahwa apabila terpilih menjadi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, bersedia:
a. Melepaskan jabatan struktural dan atau jabatan lainnya
b.Tidak menjalankan profesi selama menjadi anggota Komisi Pemberantasan Korupsi
c. Melaporkan harta kekayaan
12. Makalah tentang Menggagas Akselerasi Peran KPK dalam Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi. Maksimal 10 halaman, font 11, Arial, dan satu setengah spasi.



Sumber: Suara Pembaruan