Jadi Saksi Kasus Makar Eggi, Ustaz Sambo Penuhi Panggilan Polisi

Jadi Saksi Kasus Makar Eggi, Ustaz Sambo Penuhi Panggilan Polisi
Ilustrasi makar. (Foto: ist)
Bayu Marhaenjati / WBP Senin, 27 Mei 2019 | 12:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -Ustaz Ansufri Idrus Sambo memenuhi panggilan penyidik untuk didengarkan keterangannya sebagai saksi terkait kasus dugaan makar tersangka Eggi Sudjana, hari ini. Sambo yang datang ditemani pengacaranya, enggan berkomentar banyak ketika datang ke Gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, sekitar pukul 10.30 WIB.

"Nanti ya, kita saja belum tahu acara ceritanya. Iya sebagai saksi" ujar Ansufri Idrus Sambo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Ansufri Idrus Sambo mengatakan, pihaknya tidak membawa bukti dalam menjalani pemeriksaan sebagai saksi. "Itu juga nggak tahu ya. Nggak ada juga barang yang dibawa. Ya persiapanya berdoa aja yang banyak. Nanti ya," ungkap Ansufri Idrus Sambo.

Diketahui, penyidik Sub Direktorat Keamanan Negara Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, telah menetapkan Eggi Sudjana sebagai tersangka kasus dugaan makar dan atau menyiarkan suatu berita yang dapat menimbulkan suatu keonaran, seperti yang diatur dalam Pasal 107 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP Juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) dan atau Pasal 15 Undang-undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Setelah melakukan penangkapan, penyidik kemudian memutuskan menahan Eggi Sudjana, di Rutan Polda Metro Jaya, Selasa (14/5/2019). Alasan penahanan karena subyektifitas penyidik agar yang bersangkutan tidak menghilangkan barang bukti, mengulangi perbuatannya atau melarikan diri.

Sementara Eggi Sudjana melalui kuasa hukumnya, telah mendaftarkan gugatan praperadilan atas status tersangka yang ditetapkan penyidik Polda Metro Jaya, ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (10/5/2019). Gugatan tersebut, teregister dengan nomor 51/pid/pra/2019/PN Jaksel. Rencananya, sidang praperadilan akan digelar tanggal 29 Mei mendatang.



Sumber: BeritaSatu.com