Mendagri Bawa 3 Kepala Daerah yang Baru Dilantik ke KPK

Mendagri Bawa 3 Kepala Daerah yang Baru Dilantik ke KPK
Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana, memberikan ucapan selmat kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, usai proses pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu 12 Juni 2019. ( Foto: SP/Joanito De Saojoao. )
Fana Suparman / FMB Rabu, 12 Juni 2019 | 14:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kembali mengajak kepala daerah yang baru dilantik Presiden Joko Widodo bertemu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu (12/6/2019). Dalam kedatangannya kali ini, Tjahjo membawa Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim, Gubernur dan Wagub Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali, serta Gubernur dan Wagub Maluku Murad Ismail dan Barnabas Orno.

Tjahjo mengatakan kedatangannya bersama tiga gubernur dan wakil gubernur baru ini untuk bertemu pimpinan KPK untuk berdiskusi mengenai pencegahan korupsi. Tjahjo berharap dengan masukan dari KPK, tiga kepala daerah baru tersebut dapat menjalankan tugas memimpin daerah tanpa tersandung kasus korupsi.

"Hari ini adalah pelantikan gubernur terakhir hasil Pilkada yaitu Lampung, kemudian kemarin Maluku dan Maluku Utara. Seperti biasa setelah dilantik kan kita ajak ke KPK untuk berdiskusi dan berdialog yang berkaitan strategi pencegahan korupsi dan hal-hal yang apa mungkin ada masukan dari ketua yang KPK yang ada," kata Tjahjo di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melantik pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, Arinald Djunaidi-Chusnunia Chalim di Istana Negara. Arinald-Chusnunia merupakan pasangan Gubenur dan Wagub terakhir yang dilantik Presiden dari proses Pilkada serentak 2018. Sementara Murad Ismail dan Barnabas Orno dilantik Presiden sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku pada 24 April 2019. Sedangkan Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin Ali dilantik Presiden pada 10 Mei lalu.

Tjahjo mengatakan, dengan kehadirannya hari ini, seluruh gubernur dan wakil gubernur telah bertemu dan berdiskusi dengan pimpinan KPK. Dari hasil diskusi dengan KPK ini, Tjahjo berharap seluruh kepala daerah, terutama gubernur dan wakil gubernur memiliki visi yang sama dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi.

"Karena kemarin hari berbeda antara Maluku dan Maluku Utara maka harinya digabung. Selesai sudah semua gubernur dan yang sudah dilantik langsung dibawa berdialog berdiskusi agar ada satu pandangan, satu visi untuk pencegahan masalah korupsi," harapnya.



Sumber: Suara Pembaruan