Polda Jatim Kirim 1.200 Personel ke Gedung MK

Polda Jatim Kirim 1.200 Personel ke Gedung MK
Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Kamis, 13 Juni 2019 | 17:06 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Polda Jawa Timur menyiagakan sebanyak 1.200 personelnya guna membantu pengamanan sidang sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan digelar pada Jum’at (14/6/2019) besok.

Personel dari Polda Jatim tersebut terdiri dari 700 personel Brimob, dan 500 personel Satuan Bhayangkara (Sabhara).

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, Polda Jatim akan meningkatkan pengamanan sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) capres-cawapres di MK.

"Pasukan kami yang ada di Jakarta saat ini ada sekitar 1.200 orang sejak tanggal 21-22 Mei," kata Luki usai apel gelar pasukan di Mapolda Jatim, Surabaya, Kamis (13/6/2019).

Luki menambahkan, Polda Jatim juga terus berkoordinasi dengan jajaran TNI, Pemda, dan tokoh agama dalam menjaga keamanan di Jawa Timur.

"Kami di sini minta bantuan TNI karena pasukan kami 1.200 orang ada di Jakarta saat ini," ujar Luki.

Luki mengimbau masyarakat untuk mempercayakan sepenuhnya proses sengketa Pilpres 2019 kepada lembaga berwenang, yakni MK.

Dia berharap, masyarakat Jatim tidak terpancing ajakan-ajakan menyelenggarakan aksi, terutama yang tidak sesuai konstitusi.

“Kami sudah menghimbau dengan tokoh-tokoh yang ada di sini (Jatim). Ada kegiatan yang informasinya tanggal 14 turun ke Grahadi, Insya Allah dengan bantuan tokoh agama, tidak jadi di Grahadi,” ujar Luki.



Sumber: BeritaSatu TV