Minggu Depan, Polri Akan Ungkap Dalang Kerusuhan 21-22 Mei

Minggu Depan, Polri Akan Ungkap Dalang Kerusuhan 21-22 Mei
Aksi 22 Mei 2019. (Foto: Antara)
Farouk Arnaz / FMB Kamis, 4 Juli 2019 | 15:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com — Tim investigasi Polri menggelar rapat komprehensif rusuh pemilu 21-22 Mei silam. Apabila rapat selesai hari ini, maka minggu depan hasilnya akan disampaikan kepada seluruh masyarakat termasuk layer dua dan tiga di belakang layar.

“Tim yang ditunjuk wakapolri, baik dari Bareskrim maupun Polda Metro Jaya, menggelar rapat secara lengkap hari ini. Bukan hanya perkembangan penyidikan 447 pelaku (lapangan) yang ditangkap tapi nanti layer kedua dan ketiga juga akan disampaikan,” kata Karo Penmas Brigjen Dedi Prasetyo di Kalibata Kamis (4/7/2019).

Tim penyidik sedang mengumpulkan kembali seluruh jejak digital, baik jejak pembicaraan maupun jejak pertemuan. Ada beberapa orang yang diduga menginstrusikan kerusuhan dan melakukan pembakaran. Polisi bekerja berdasarkan fakta hukum dan ini masih berproses.

“Soal korban pada saat kerusuhan, alur tembakannya, dan ada saksi yang melihat juga akan kita sampaikan. Kita sudah menemukan beberapa saksi itu. Kita sedang menganalisa jejak digital baik CCTV dan rekaman digital yang didapat. Sedang dianalisa semuanya dalam pembuktian secara scientific,” sambungnya.

Pembuktian secara ilmiah itu secara keseluruhan akan disampaikan di sidang pengadilan. Nanti semua akan diuji oleh hakim yang adil jadi polisi tidak terburu-buru.

Lalu apakah sudah diketahui siapa aktor intelektualnya? Dedi menjawab, “itu tidak seperti kita membalikkan telapak tangan, apalagi pas pembuktian nanti akan diungkapkan di sidang. Harus punya dua alat bukti yang kuat.”



Sumber: BeritaSatu.com