Ratna Sarumpaet Putuskan Tidak Ajukan Banding

Ratna Sarumpaet Putuskan Tidak Ajukan Banding
Ratna Sarumpaet. ( Foto: ANTARA FOTO / Sigid Kurniawan )
Bayu Marhaenjati / WBP Selasa, 16 Juli 2019 | 13:13 WIB

Jakarta, Beritasatu.com -Ratna Sarumpaet dan tim penasihat hukumnya memutuskan tidak mengajukan banding atas vonis hukuman dua tahun penjara dari majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, terkait kasus berita bohong atau hoax.

"Saya ke sini memastikan kepada ibu Ratna Sarumpaet, apakah beliau akan mengajukan banding terhadap putusan yang baru saja kita dengar pada minggu kemarin. Setelah beberapa pertimbangan tadi kami berikan, baik pertimbangan hukum maupun pertimbangan nonhukum terutama terhadap masa hukuman yang akan dijalani ibu dan dipotong masa tahanan, maka kami tadi dan beliau juga memutuskan bahwa tidak akan mengajukan banding," ujar Desmihardi, selaku penasihat hukum Ratna, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Dikatakan Desmihardi, Ratna dan tim penasihat hukum saat ini masih menunggu sikap Jaksa Penuntut Umum (JPU) apakah akan mengajukan banding atau tidak terhadap putusan hakim. "Karena waktunya (banding) masih diberikan kesempatan sampai besok," ungkap Desmihardi.

Menyoal alasan tidak mengajukan banding, Desmihardi menjelaskan, pertimbangan utamanya sisa masa tahanan yang akan dijalankan Ratna kurang lebih tinggal sekitar 1 tahun lagi. "Alasannya, karena dari beberapa pertimbangan hukum. Kita melihat masa hukuman yang dua tahun itu (vonis), ibu sendiri sudah menjalani hampir sembilan bulan. Jadi kalau memang ibu menjalani mungkin tinggal satu tahun lagi. Itu pertimbangan yang utama," kata Desmihardi.

Jika melihat sisi pertimbangan hukum kata Desmihardi, sebenarnya masih terbuka kesempatan untuk memperdebatkan apakah hakim sudah benar atau tidak. "Terutama kami keberatan dengan pertimbangan hukum tentang benih-benih dari keonaran. Bibit-bibit keonaran itu kami tidak sependapat. Itu mungkin peluang hukum kami. Tapi untuk sementara mengingat pertimbangan dari nonhukumnya, kami melihat ini belum kami jalankan," jelas Desmihardi.

Desmihardi menegaskan, pilihan tidak mengajukan banding merupakan keputusan Ratna. "Iya, tadi saya diskusi sama ibu, kemarin saya diskusi dengan tim, dari beberapa pertimbangan beliau memutuskan tidak mengajukan banding. Cuma karena masih ada waktu besok, kita lihat juga keputusan dari JPU apakah banding atau tidak," tandas Desmihardi.

Diketahui, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Ratna Sarumpaet 2 tahun penjara karena terbukti bersalah menyebarkan berita bohong yang menimbulkan keonaran sesuai dengan Pasal 14 ayat (1) Undang Undang nomor 1 Tahun 1946. Vonis ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), selama 6 tahun penjara.



Sumber: BeritaSatu.com