Polri Bekuk Cukong Pembalak Hutan Lintas Provinsi

Polri Bekuk Cukong Pembalak Hutan Lintas Provinsi
Brigjen Dedi Prasetyo. (Foto: Antara)
Farouk Arnaz / CAH Selasa, 6 Agustus 2019 | 15:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dit Tipidter Polri menangkap dalang pembalakan liar di kawasan hutan di Jambi dan Sumatera Selatan. Tersangka yang berinisial M (42) itu dibekuk di Kabupaten Bandung pada Selasa (30/7/2019, tetapi baru dirilis Selasa (8/7/2019). Penangkapan M adalah pengembangan penggerebekan Dit Tipiter dibantu Brimob dan Polda Jambi di Bayung Lincir, Sumatera Selatan pada Mei lalu.

Saat itu disita ribuan meter kubik kayu yang merupakan hasil perambahan dari hutan di kawasan PT PDI di wilayah Tanjungjabung Timur (Tanjabtim). Pembalakan liar ini menyasar kayu jenis meranti dan jenis lain yang kemudian diolah dan dipasok ke Kota Jambi hingga Jakarta melalui jalur Sumatera Selatan.

“Tersangka memiliki pekerja lebih dari 40 orang yang digaji untuk melakukan penebangan pohon di dalam kawasan hutan Jambi dan Sumatera Selatan. Hasil penebangan diolah di dalam hutan menjadi kayu olahan dengan beragam ukuran dan di alirkan melewati parit atau kanal yang bermuara di dekat gudang tersangka,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri.

Kegiatan haram tersebut sudah berlangsung semenjak tahun 2015. Pada saat itu penggrebekan itu ditemukan kayu olahan dengan berbagai macam jenis dan ukuran sekitar 2 ribu kubik. Polisi menyita dua unit truck dan gergaji mesin.

“Tersangka M telah dilakukan penahanan di Rutan Mabes Polri. Dia dijerat pasal pengangkutan kayu hasil hutan tanpa memiliki dokumen yang merupakan surat keterangan sahnya hasil hutan (SKSHH). Ancamannya hingga 5 tahun penjara serta pidana denda paling banyak Rp 2,5 miliar,” tambahnya.



Sumber: BeritaSatu.com