MK Tolak Gugatan Tiga Provinsi

MK Tolak Gugatan Tiga Provinsi
Ketua KPU Arief Budiman (kiri), Komisioner KPU Hasyim Asy'ari (kedua kiri), Evi Novida Ginting Manik (kedua kanan), dan Ilham Saputra (kanan) menunjukkan alat bukti KPU dalam Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Presiden 2019, di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (12/6/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Ahmad Salman / AIS Selasa, 6 Agustus 2019 | 20:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) optimistis terhadap keputusan Mahkamah Konstitusi (MK). Sejauh ini tidak terbukti terjadi kecurangan pada Pemilu 2019.

“Sejauh ini ada permohonan yang gugur dan permohonan yang ditolak. Yang gugur adalah pemohon yang tidak hadir,” kata Komisioner KPU Ilham Saputra di Gedung MK, Jakarta, Selasa (6/8/2019).

Pada sidang pertama yang digelar MK, gugatan tiga provinsi telah ditolak MK. Yaitu provinsi Sulawesi Barat, Riau, dan Nusa Tenggara Timur.

Sejauh ini ada gugatan yang gugur karena pemohon tidak menghadiri sidang. Dan gugatan yang ditolak menurut pertimbangan MK, KPU tidak terbukti melakukan kecurangan atau penggelembungan suara seperti yang didalilkan pemohon.

Untuk hari ini sebanyak 67 putusan akan dibacakan MK. Untuk mempersingkat waktu, MK pun membagi sidang atas 3 panel.



Sumber: BeritaSatu TV