Mabes Polri Tangkap Penyelundup Benih Lobster

Mabes Polri Tangkap Penyelundup Benih Lobster
Lobster air tawar. ( Foto: Antara )
Farouk Arnaz / YUD Selasa, 13 Agustus 2019 | 17:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mabes Polri mengungkap kasus mengedarkan dan/atau memelihara benih lobster yang merugikan masyarakat karena hendak dikirim ke luar negeri. Ada sepuluh pelaku yang dibekuk.

Ini bermula saat polisi mendapat informasi pada Senin (5/8/2019) lalu tentang aktivitas pengepakan benih lobster di daerah Lampung. Tim dari Mabes Polri segera menindaklanjuti informasi ini dengan berangkat menuju Lampung.

“Setiba di Lampung tim melakukan pengamatan dan penggambaran terhadap jalur lobster yang masuk ke tempat packing serta bekerja sama dengan BKIPM Lampung,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Senin (13/8/2019).

Pada tanggal 7 Agustus, sekitar pukul 00.10 WIB, tim melakukan penggerebekan terhadap tempat packing tersebut dan menyita kelengkapannya.

Dari sini barrlanjut saat tim melihat ada kendaraan roda empat yang mencurigakan yang datang menuju ke TKP 1 dan tim melakukan penggerebekan terhadap kendaraan tersebut.

Di situ juga ditemukan benih lobster yang sudah dalam keadaan siap kirim. Tim juga mendapat informasi ada gudang lain tidak jauh dari TKP 1 lalu tim melakukan pengamatan dan juga berhasil melakukan penggerebekan.

Total ada 10 orang yang ditangkap. Mereka dijerat Pasal 88 Jo Pasal 16 ayat (1) UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 45 Tahun 2009 Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Ancamannya penjara enam tahun dan denda paling banyak Rp 1,5 miliar. Nilai Sumber Daya Ikan (SDI) yang berhasil diselamatkan sekitar Rp 8,5 miliar.



Sumber: BeritaSatu.com