Penyebab Kasus Mati Listrik, Polri: Multi Faktor

Penyebab Kasus Mati Listrik, Polri: Multi Faktor
Ilustrasi jaringan listrik. ( Foto: Antara )
Farouk Arnaz / YUD Senin, 26 Agustus 2019 | 21:05 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mabes Polri mengatakan peristiwa pemadaman listrik massal di Jabodetabek, Banten, hingga DIY , yang terjadi pada Minggu (4/8/2019) lalu bukan karena satu penyebab saja.

“Saksi ahli polisi, Pak Rizal, masih harus melakukan uji scientific terhadap beberapa lokasi untuk mendalami apa yang menjadi faktor
penyebab terjadinya black out itu,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Senin (26/8/2019).

Tim, masih kata Dedi, akan memgumumkan hasil temuan secara komprehensif dan bukan sekadar diagnosa awal. Makanya banyak lokasi yang harus didalami dari hulu ke hilir.

“Tim IT ini perlu waktu soalnya ada alat yang harus diuji. Ya secepatnya lah. Kalau ada kajian scientific, tim ahli nanti bisa menarik kesimpulan yang komprehensif. Fokus utama mencari penyebab black out baru nanti diputuskan (ada pidananya atau tidak).Itu dulu,” ilmbuhnya.

Hingga kini sudah ada lebih dari 20 orang saksi yang dimintai keterangan mulai dari masyarakat sekitar hingga pegawai PLN. Mereka melakukan kajian berbagai macam mulai data dan teknologi.

“Jadi aktor utamanya dulu dicari. Kan tidak faktor tunggal tapi multi. Blackout tidak faktor tunggal tapi multi faktor itu yang diteliti makanya perlu proses yang cukup lama,” pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com