KNPI: Pansel KPK Propesional, Independen, dan Berintegritas

KNPI: Pansel KPK Propesional, Independen, dan Berintegritas
Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih (tengah) didampingi anggota pansel memimpin tes wawancara dan uji publik Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) periode 2019-2023 di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa (27/8/2019). Sebanyak 20 orang capim KPK mengikuti tes tersebut. ( Foto: ANTARA FOTO )
Hotman Siregar / YS Sabtu, 31 Agustus 2019 | 17:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama meminta kepada masyarakat untuk menyerahkan sepenuhnya pemilihan Capim KPK kepada Pansel. Karena sejauh ini pansel sudah bekerja dengan maksimal. Dan diisi oleh orang propesional yang independen.

"Pansel sudah independen karena mereka terdiri dari orang-orang yang memiliki integritas yang sudah teruji," Kata Haris dalam keterangan persnya yang diterima, Sabtu (31/8/2019).

Menurut Haris, sudah saatnya semua aktivis antikorupsi justru mendukung kerja Pansel, sebaiknya melindungi Pansel dari intervensi yang bisa mempengaruhi.

"Apa yang mereka lakukan sudah sangat maksimal, jangan-jangan yang menuduh ke Pansel adalah orang-orang yang tak suka akan kemajuan pemberantasan korupsi kita saat ini," tegas Haris.

Pansel ini, kata Haris, orang-orang yang sudah dipilih oleh Presiden Jokowi, jika kemudian ada yang meragukan kinerja pansel artinya dia meragukan kapasitas kepala negara.

"Yang menyerang pansel sama aja mereka menyerang presiden. Saya yakin pansel ini adalah orang-orang terbaik," ungkapnya.

KNPI pun siap mengawal siapapun pilihan Pansel, karena untuk menjadi seorang Capim KPK tentu tidak sembarangan baik secara ilmu akademis maupun track record kinerjanya.

"Kami minta semua pihak untuk tidak lagi saling curiga. Mari kawal semangat pansel untuk melahirkan capim-capim terbaik. Sehingga KPK ke depan bisa bekerja maksimal. Pemberantasan korupsi di Indonesia bisa berjalan baik," tandasnya.



Sumber: Suara Pembaruan